Tips Kembali ke Sekolah dari Rumah Menjadi Lebih Menyenangkan

Tips Kembali ke Sekolah dari Rumah Menjadi Lebih Menyenangkan

Tips Kembali ke Sekolah dari Rumah Menjadi Lebih Menyenangkan

Sejak beberapa hari lalu, sekolah telah memasuki tahun ajaran baru 2021-2022 yang dimana tahun ini kita masih berada di tengah pandemi covid 19.  Setahun yang lalu para pelajar harus melakukan sistem belajar jarak jauh atau belajar dari rumah dengan menggunakan belajar sistem online.

Sistem belajar dari rumah adalah upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk menghindari maraknya penyebaran virus covid 19 yang terus meluas. Namun di sisi lain, para pelajar yang melakukan belajar dari rumah terkadang merasa jenuh dalam melakukan aktivitas belajar tersebut lantaran tidak terbiasa belajar di ruang lingkup rumah yang tidak dapat membuat mereka bertemu dan bermain bersama teman temanya seperti saat belajar di sekolah.

Peran para orang tua saat ini memang sangatlah penting untuk meningkatkan kinerja anak dalam belajar. Para orang tua dituntut agar mampu membuat anak anak mereka senyaman mungkin dan sebetah mungkin untuk mau belajar di rumah.

Ada berbagai hal yang dapat dilakukan oleh para orang tua untuk meningkatkan kinerja anak selama belajar di rumah dan berikut ini ada beberapa tips untuk para orang tua agar betah belajar di rumah layaknya seperti kembali ke sekolah.

  1. Buat ruang fokus yang menyenangkan

Hal pertama yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan kinerja anak adalah dengan merubah sebuah permainan menjadi hal yang menyenangkan. Ajaklah anak anda belajar di tempat tempat yang mereka sukai dan buatlah ruangan untuk mereka senyaman dan setenang mungkin agar tingkat konsentrasi anak bisa meningkat.

  1. Bertanding dengan waktu

Anak anak biasanya lebih cenderung menyukai hal hal dalam adu kecepatan tentang siapa yang tercepat dialah yang menang. Nah anda bisa mencoba menerapkan teknik ini untuk mengajak anak bermain agar mereka mau belajar dengan bersemangat. 

  1. Coba aplikasi pembelajaran  

Saat ini sudah ada banyak aplikasi pembelajaran yang hadir di media internet. Anda bisa mencoba salah satu aplikasi tersebut untuk mengajak anak belajar. Pilihlah aplikasi yang benar benar sudah terbukti dapat meningkatkan kreatifitas anak dalam belajar, atau anda bisa sharing dan meminta pendapat kepada para tetangga, teman teman atau orang orang yang pernah menggunakan aplikasi untuk belajar.

  1. Perencanaan pembelajaran

Segala hal akan jauh lebih baik jika diawali dengan sebuah perencanaan. Ajaklah anak anda untuk merencanakan kapan mereka akan mau memulai pembelajaran. pilihlah waktu yang menurut mereka paling nyaman agar rasa nyaman dan semangat mereka dalam belajar dapat tercipta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *