Tips Merawat Lidah Mertua dan Fungsinya di Ruangan Rumah

Tips Merawat Lidah Mertua dan Fungsinya di Ruangan Rumah

Tips Merawat Lidah Mertua dan Fungsinya di Ruangan Rumah

Tanaman hias lidah mertua belakangan ini menjadi jenis tanaman hias yang cukup banyak digemari. Selain memiliki tampilan yang menarik, perawatan lidah mertua juga terbilang cukup mudah, namun meskipun demikian menanam lidah mertua juga butuh perawatan agar pertumbuhan tanaman dapat subur.

Bagi anda yang memiliki rencana ingin menanam lidah mertua di rumah, berikut ini kami memiliki beberapa tips merawat tanaman lidah mertua agar tanaman tumbuh subur.

Siram dengan Air Secukupnya

Lidah mertua merupakan jenis tanaman yang tumbuh membutuhkan suplai air yang cukup, maka dari itu pastikan bahwa anda memenuhi kebutuhan tanaman akan air. Siramlah tanaman minimal 2x dalam sehari agar tanaman tidak mudah kering dan mati.

Pilih Wadah yang Tepat

Pastikan bahwa ukuran dari tanaman dengan wadah atau pot yang digunakan sesuai dengan ukuran tanaman karena wadah yang sempit dapat menghambat pertumbuhan dari tanaman.

Jaga Suhu Tanaman Tetap Stabil

Letanakan tanaman di tempat yang tepat yang tidak memiliki suhu yang stabil, tidak terlalu panas dan tidak juga terlalu dingin.

Memberi Pupuk dalam Waktu Tertentu

Agar tanaman dapat tumbuh subur dengan mudah, pastikan juga bahwa anda memberikan pupuk secara berkala. Jika ingin minim biaya, anda bisa menggunakan pupuk kandang sebagai pupuk tanaman agar dapat tumbuh dengan subur.

Dibersihkan Secara Rutin

Agar tampilan lidah mertua tetap terlihat bersih dan berkilau, anda bisa membersihkan lidah mertua secara berkala. Untuk membersihkan daun dari tanaman lidah mertua, anda bisa menggunakan lap basah untuk mengusap dan membersihkan daun dari tanaman lidah mertua tersebut.

Diberi Air Secukupnya

Semua jenis tanaman akan membutuhkan asupan air untuk pertumbuhannya, maka dari itu bagi anda yang ingin merawat tanaman ini baik untuk tanaman dalam ruangan maupun tanaman luar ruangan, pastikan untuk memberikannya air agar tanaman tetap sehat dan tumbuh dengan subur.

Paparan Sinar yang Cukup

Lidah mertua merupakan jenis tanaman yang membutuhkan [pencahayaan alami dalam proses pertumbuhannya, sehingga untuk membuat tanaman yang satu ini tumbuh subur dibutuhkan pencahayaan alami yang cukup. Apabila anda ingin menjadikan tanaman ini sebagai tanaman dalam ruangan, pastikan bahwa anda meletakkannya di dekat jendela agar akses pencahayaan alami dapat masuk ke dalam ruangan.

Perawatan Rutin

Kunci perawatan untuk tanaman ini adalah air yang cukup, pupuk secara berkala dan memberikan pencahayaan alami. Jika ketiga hal tersebut sudah terpenuhi, pastinya tanaman akan tumbuh sehat dan subur.

Nah itulah beberapa tips yang perlu anda perhatikan dalam merawat tanaman lidah mertua dan semoga dapat bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *