Punya Kaktus di Rumah? Coba 7 Tips Mudah Ini Agar Kaktus Awet dan Panjang Umur

Punya Kaktus di Rumah? Coba 7 Tips Mudah Ini Agar Kaktus Awet dan Panjang Umur

Punya Kaktus di Rumah? Coba 7 Tips Mudah Ini Agar Kaktus Awet dan Panjang Umur – Belakangan ini kaktus menjadi jenis tanaman yang banyak disukai oleh masyarakat. Hal tersebut disebabkan oleh karena kaktus minim perawatan sehingga sangat cocok bagi orang orang yang tidak memiliki banyak waktu untuk menyiram dan merawat tanaman kaktus tersebut.

Meskipun minim perawatan bukan berarti tanaman kaktus tidak membutuhkan perawatan. Sama halnya dengan jenis jenis tanaman lainnya, tanaman kaktus juga membutuhkan perawatan yang meskipun tidak seperti jenis tanaman lainnya yang ribet. Berikut ini kami punya beberapa tips yang dapat anda lakukan agar tanaman kaktus di rumah anda awet dan panjang umur.

  1. Menyiram Kaktus

Kaktus merupakan salah satu jenis tanaman yang tidak begitu menyukai air karena dalam batang kaktus sudah tersimpan banyak air sehingga jika air diberikan secara berlebihan dapat membuat akar akar dan batang kaktus akan mudah busuk. Maka dari itu siramlah tanaman kaktus jika tanah atau media tanamnya sudah benar benar kering saja.

  1. Menjemur Kaktus

Kaktus sangat butuh suplai sinar matahari maka dari itu pastikan bahwa anda menempatkan tanaman kaktus anda di tempat tempat yang terpapar sinar matahari secara langsung.

  1. Pot Memiliki Lubang Pembuangan Air

Jika anda menanamkan kaktus di dalam pot pastikan bahwa pot yang anda gunakan memiliki lubang air, ini bertujuan ketika kaktus mendapatkan suplai air yang berlebihan maka air air yang ada di dalam pot dapat mengalir keluar dari dalam pot.

  1. Jangan Menyiram dengan Semprotan

Hindari menyiram kaktus dengan menggunakan semprotan karena hal air dari semprotan dapat mengendap di bagian batang dan daun kaktus sehingga mudah membuatnya menjadi busuk.

  1. Menggunakan Tanah dengan Aliran Air yang Cepat

Seperti yang dijelaskan pada poin pertama bahwa tanaman kaktus merupakan jenis tanaman yang tidak suka dengan air yang berlebihan maka dari itu pastikan bahwa anda menggunakan media tanam yang tidak terlalu padat untuk memperlancar aliran air di dalam media tanam. Anda bisa membuat media tanam khusus kaktus dengan mencampurkan tanah dengan beberapa material lainnya seperti campur tanah dengan pasir, kerikil atau mencampur dengan sekam bakar ataupun sekam mentah.

Mencampur tanah dengan beberapa media lainnya tersebut dapat membentuk rongga rongga pada media tanam kaktus sehingga ketika kaktus disiram risiko media tanam menjadi banjir atau becek sangatlah kecil sehingga kaktus akan tetap subur.

  1. Pemberian Pupuk

untuk menjaga tingkat kesuburan pada kaktus pastikan bahwa anda juga memberikan pupuk pada media tanam secara berkala agar tanam kaktus tidak mudah mati.

  1. Pergantian Pot

jika ukuran dari tanaman kaktus sudah besar, maka gantilah pot dengan ukuran yang sesuai dengan tanamannya agar tanaman dapat dengan lebih leluasa dalam berkembang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *