Tips Ciptakan Taman Bergaya Bali di Halaman Rumah

Tips Ciptakan Taman Bergaya Bali di Halaman Rumah

Tips Ciptakan Taman Bergaya Bali di Halaman Rumah – Indonesia merupakan salah satu Negara yang kaya akan adat, suku dan budaya. Tradisi budaya kemudian mempengaruhi pola ruang dan hunian hidup masyarakat atau yang biasa disebut dengan arsitektur tradisional.

Jika bicara mengenai arsitektur khas Indonesia, yang merefleksikan unsur adat yang historis, kondisi alam dan keragaman budaya, salah satunya budaya yang mempunyai kekentalan dalam dunia arsitektur yang autentik adalah Bali

Terkait dengan arsitektur bali tentunya bukanlah suatu hal yang sembarangan. Dalam skala kecil seperti rumah hunian saja, unsur tata letak serta elemen hingga detail dari ornament memiliki ciri khas yang tersendiri. Dalam hal tersebut, sangat erat kaitan dengan pengaruh budaya hindu budha sebagai agama yang mayoritas di tanah bali.

Konsep arsitektur tradisional khas bali tidak hanya terletak pada detail bangunan saja melainkan penataan taman, halam serta hal lain yang menjadi bagian rumah ikut serta dalam menyempurnakan gaya arsitektur khas bali.

Arsitektur khas bali traditional kini menarik cukup banyak minat masyarakat untuk menerapkan konsep tersebut ke dalam desain rumah hunian masing masing. menerapkan arsitektur tradisional bali bukanlah suatu hal yang mudah, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa ada banyak unsur yang harus benar benar diperhatikan untuk menguatkan konsep desain itu sendiri. Nah bagi anda yang ingin menciptakan taman bergaya bali di rumah hunian masing masing, bergaya bali berikut ini kami akan berbagi tipsnya.

Pohon Kamboja dan Bata Merah

Salah satu elemen taman yang erat dengan arsitektur tradisional bali adalah pohon kamboja karena bunga dari pohon kamboja sendiri sering digunakan oleh masyarakat bali dalam upacara adat sehingga dengan menanam pohon kamboja membuat masyarakat bali tidak perlu repot repot mencari tempat membeli bunga untuk ritual adat mereka masing masing.

Susunan bata merah juga merupakan khas taman bali yang dapat mempercantik pemandangan taman di rumah hunian. Susunan batu bata merah sendiri menciptakan kesan yang tradisional.

Elemen Kayu

Menggunakan kayu sebagai pintu gerbang merupakan salah satu ciri khas dari arsitektur tradisional bali. Ukiran ukiran pada pintu menjadi ciri khas dari rumah hunian khas bali, selain itu keberadaan ukiran pada pintu kayu sendiri juga dapat memberikan kesan yang indah menawan. Untuk menambahkan unsur yang satu ini setidaknya harus memiliki nilai seni dalam ukiran.

Lampu Taman

Lampu taman juga perlu anda perhatikan dalam menyempurnakan arsitektur tradisional bali. lampu lampu yang diletakan di area taman bali tidaklah dipilih secara sembarangan, melainkan lampu yang digunakan dalam desain taman bali memiliki bentuk yang menyerupai rumah kotak yang juga dilengkapi dengan bagian atap untuk melindungi lampu dari perubahan cuaca.

Itulah beberapa hal yang perlu anda perhatikan jika anda ingin menciptakan taman berbaga arsitek bali dan semoga dapat bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *