5 Cara Kelola Keuangan buat Pasangan yang Baru menikah

5 Cara Kelola Keuangan buat Pasangan yang Baru menikah

Melakukan sebuah pernikahan merupakan suatu cara terbaik dalam mempererat ikatan dua insan yang saling mencintai agar dapat hidup bersama sama dalam suatu rumah. Menjalani kehidupan rumah tangga tentunya bukanlah hal yang mudah, karena segala hal harus dipertimbangkan dan terutama masalah keuangan.

Mengelola uang setelah pernikahan tentunya jauh berbeda dengan mengelola uang sebelum menikah, karena setelah menikah setidaknya anda harus dapat mengatur pendapatan anda agar dapat mencukupi kebutuhan dalam kehidupan berumah tangga. Bagi anda baru saja melangsungkan pernikahan, berikut ini kami berbagi beberapa tips terkait cara mengelola keuangan bagi pengantin baru.

  1. Diskusikan anggaran

Langkah awal yang dapat anda lakukan sebelum mengatur bagian keuangan dalam rumah tangga anda adalah dengan mendiskusikan terlebih dahulu dengan pasangan anda. Atur bagaimana agar uang anda tidak digunakan untuk hal hal yang tidak berguna.

  1. Menjaga akun individu, tetapi berkontribusi pada akun gabungan

Memiliki rekening bank secara individu dapat membuat anda terasa lebih mandiri secara finansial, namun penting juga memiliki rekening bersama yang dapat anda gunakan untuk membayar berbagai macam keperluan bersama.

Memiliki rekening bersama juga dapat membantu anda menciptakan rasa percaya antar sesama.

  1. Buat strategi menabung

Anda akan bisa menjadi lebih cepat tumbuh dan berkembang jika anda memiliki strategi dalam mengatur keuangan anda bersama dengan pasangan anda. Anda bisa menyisihkan beberapa persen dari penghasilan anda untuk menabung demi biaya di masa akan datang.

  1. Berinvestasi

Mungkin penghasilan anda dengan pasangan anda berbeda, namun cobalah untuk mengatur keuangan dengan berinvestasi atau menabung untuk membeli barang barang yang nantinya dapat dijual dengan harga yang lebih tinggi misalnya investasi uang, tanah dan lain sebagainya.

  1. Bicarakan secara teratur tentang uang

Meskipun keuangan anda saat ini sedang berada di kondisi yang stabil dan kebutuhan sehari hari anda tercapai, namun komunikasi dan diskusi terkait ekonomi rumah tangga anda perlu dibicarakan. Aturlah dan bicarakan bagaimana dengan uang yang anda miliki dapat bermanfaat di kemudian harinya dan terutama di masa saat nanti anda akan pensiun.

Itulah beberapa tips dan cara terbaik dalam mengatur dan mengelola keuangan anda agar kehidupan dalam rumah tangga dapat selalu terpenuhi, dan semoga dengan membaca artikel ini dapat memberikan solusi dan strategi terbaik dalam mengatur keuangan dalam rumah tangga anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *