Tips Kurangi Sampah Dirumah dengan Buat Kompos Organik

Tips Kurangi Sampah Di Rumah dengan Buat Kompos Organik – Sampah merupakan salah satu masalah yang kerap kali dihadapi oleh masyarakat. mengingat jumlah populasi sampah yang dari tahun ke tahun terus meningkat, tentunya beresiko mencemari lingkungan sekitar jika setiap sampah yang dihasilkan dari aktivitas rumah tidak ditangani dengan baik.

Mengolah sampah menjadi barang berguna dan bermanfaat merupakan salah stau cara terbaik yang dapat dilakukan untuk menekan jumlah pencemaran lingkungan  oleh sampah. Ada berbagai macam cara yang dapat anda lakukan untuk menjaga lingkungan sekitar agar tetap bersih dan aman dari pencemaran salah. Berikut ini kami akan berbagi beberapa tips dan cara mengolah sampah basah menjadi pupuk kompos agar tidak mencemari lingkungan.

Sebelum anda memulai merubah pupuk sampah organik menjadi pupuk kompos, pastikan bahwa anda menyediakan beberapa peralatan dan perlengkapan yang akan dibutuhkan saat pembuatan pupuk kompos seperti ember yang dilengkapi dengan tutup, tanah secukupnya, sekop tanah, sampah organik, sarung tangan karet, dan masker.

Jika semua perlengkapan dan peralatan sudah disiapkan maka mari kita buat pupuk kompos dengan beberapa tahap berikut

  1. Sediakan ember yang sudah diisi dengan tahan sebanyak ¼ dari ukuran ember, namun pastikan bahwa anda sudah mengenakan masker dan sarung tangan karet untuk menghindari terpaparnya kuman atau bakteri.
  2. Campur tanah dengan sampah organik 1:1 dan aduk dengan menggunakan sekop kecil
  3. Setelah tanah sudah dicampurkan dengan sampah organik maka masukan sampah tersebut ke dalam ember yang sebelumnya telah diisikan ¼ tanah di dalamnya.
  4. Setelah tanah dan sampah organik telah dimasukan maka timbun kembali dengan menggunakan tanah hingga permukaan sampah organik benar benar tertutup oleh tanah
  5. Setelah itu maka selanjutnya tutup bagian atas ember dengan menggunakan tutupan yang telah disiapkan sebelumnya.
  6. Setelah proses sudah selesai maka diamkan 1 – 3 bulan tergantung dari jumlah pupuk kompos yang telah anda buat.
  7. Untuk pupuk kompos yang siap pakai biasanya akan memberikan aroma khas bau tanah. Jika sampah tersebut masih memberikan aroma yang tidak sedap maka sebaiknya diamkan dulu biarkan sampai benar benar matang karena jika anda memaksa untuk menggunakannya maka akan beresiko tanaman anda akan jadi mati dan layu disebabkan gas yang berasal dari sampah organik.

Itulah beberapa tips dan cara yang dapat anda lakukan untuk merubah sampah organik menjadi pupuk kompos yang dapat anda gunakan untuk menyuburkan tanaman di rumah anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *