Plus Minus Air Cooler Dibanding AC

Plus Minus Air Cooler Dibanding AC

Plus Minus Air Cooler Dibanding AC Untuk anda yang tidak suka menggunakan AC sebagai pendingin rumah dengan alasan tertentu seperti hemat listrik, tidak sehat atau alasan lainnya. Air Cooler bisa menjadi solusi untuk mengatasi rasa gerah di dalam ruangan rumah. Harga beli Air Cooler dengan AC tentunya jauh lebih murah sehingga anda dapat menghemat pengeluaran anda untuk membeli pendingin ruangan.

Sebelum anda memutuskan untuk membeli Air Cooler ada baiknya anda mengetahui plus dan minus dari Air Cooler terlebih dahulu. Apa saja kelebihan dan kekurangannya.? Ikuti terus pembahasan artikel kali ini.

Apa itu Air Cooler?

Air Cooler merupakan sebuah perangkat elektronik yang digunakan sebagai pengganti dari AC. Namun air cooler dan air conditioner memiliki perbedaan yang meskipun memiliki fungsi yang serupa sebagai pendingin dan melembabkan udara di dalam ruangan. Pasalnya Air Cooler menggunakan air untuk memberikan kesejukan dan kelembaban udara di dalam ruangan.

Kelebihan dan Kekurangan Air Cooler 

Perawatan praktis dan mudah

Berbeda dengan perawatan AC yang dimana anda harus menggunakan jasa service Ac untuk mencuci AC agar bersih dari debu debu yang menempel pada saringan. Air Cooler perawatannya lebih praktis, anda bisa membersihkan sendiri dan mengganti air yang tersedia di dalam box sehingga biaya perawatannya jauh lebih murah.

Mudah dibawa kemana saja

Selain memiliki ukuran yang kecil, Air Cooler juga mudah dipindahkan kemana saja karena pada bagian bawah Air Cooler biasanya dilengkapi dengan roda yang dapat memudahkan anda memindahkan Air Cooler keruangan mana saja anda inginkan.

Hemat Biaya Listrik

Karena menggunakan sistem kompresor, Air Cooler mampu menghemat listrik lebih banyak dibandingkan dengan penggunaan AC yang meskipun anda menggunakan Air Cooler seharian, penggunaan listrik hanya 15 sampai 20% saja dari penggunaan Ac sehingga biaya tagihan listrik bulanan tidaklah terlalu mahal.

Kekurangan Air Cooler

Lebih Lembab

Karena sistem kerja dari Air Cooler yang menggunakan air maka udara yang dihasilkan pun lebih lembab dari AC sehingga penggunaan Air Cooler tidak dianjurkan untuk digunakan pada ruangan yang tertutup karena hal tersebut dapat memicu pertumbuhan jamur.

Kurang sejuk dari AC

Jika Ac dapat menyejukan seluruh bagian ruangan, berbeda dengan Air Cooler yang hanya mampu memberikan kesejukan pada jarak tertentu saja sehingga bagi anda yang ingin merasakan kesejukan di seluruh ruangan penggunaan Air Cooler tidak dianjurkan apalagi pada ruangan atau rumah yang memiliki kapasitas panas yang lebih tinggi, sebaiknya tidak menggunakan Air Cooler.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *