Ini Cara Urus Sertifikat Tanah Hilang atau Rusak

Ini Cara Urus Sertifikat Tanah Hilang atau Rusak

Sertifikat tanah merupakan sebuah dokumen yang cukup penting. Pasalnya sertifikat tanah berfungsi sebagai bukti bahwa sebuah tanah memiliki hak dan milik seseorang yang memegang sertifikat. Ketika sertifikat tanah yang anda miliki rusak atau hilang maka sudah jelas anda tidak memiliki bukti bahwa tanah tersebut adalah milik anda dan bisa saja seseorang mengakui bahwa tanah tersebut miliknya yang pastinya akan merugikan anda selaku pemilik tanah.

Nah untuk anda yang sedang mengalami hal tersebut, ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengurus sertifikat yang rusak atau hilang. Lebih jelasnya silahkan simak penjelasan berikut ini.

Ketika anda hendak mengurus sertifikat tanah yang hilang atau rusak, ada beberapa persyaratan yang harus anda penuhi seperti

  1. Formulir permohonan yang diisi oleh pemohon beserta tanda tangan diatas materai.
  2. Jika dikuasakan maka anda harus menyertakan surat kuasa
  3. Foto copy identitas pemohon seperti KK dan KTP dan kuasa apabila dikuasakan yang nantinya akan disesuaikan oleh petugas loket dengan informasi yang tersedia.
  4. Fotocopy data pengesahan dan pendirian badan hukkum yang telah dicocokan dengan yang aslinya.
  5. Jika anda anda juga bisa menyerahkan fotocopy sertifikat
  6. Surat penyataan di bawah sumpah oleh pemegang hak atau yang menghilangkannya.
  7. Surat keterangan kehilangan dari pihak kepolisian
  8. Surat keterangan yang mencantumkan letak, lokasi terkait tanah yang akan diurus sertifikatnya.

Jika semua dokumen sudah lengkap maka selanjutnya anda bisa mengunjungi kantor pertanahan untuk memulai proses pengurusan sertifikat tanah yang hilang. Anda bisa mengunjungi bagian loket terlebih dahulu untuk menyerahkan dokumen yang telah anda lengkapi tadi.

Mintalah kepada petugas loket untuk mengecek terkait dokumen yang telah anda siapkan apakah semua dokumen yang dibutuhkan dalam mengurus sertifikat yang hilang sudah lengkap.

Jika dokumen sudah lengkap biasanya anda akan diteruskan menuju bagian pembayaran yang dimana biaya administrasi dan setelah itu anda akan diteruskan menuju proses pengurusan. Dalam hal proses pengurusan biasanya anda harus menunggu beberapa waktu sampai proses pengerjaan selesai.

Dalam hal pengurusan sertifikat biasanya akan membutuhkan dari beberapa pihak tertentu dan hal tersebutlah yang akan membuat anda harus menunggu dalam beberapa waktu. Dalam hal tersebut biasanya pihak terkait akan menginformasikan kepada anda terkait berapa lama anda harus menunggu. setelah prosesnya sudah benar benar selesai sertifikat sudah dapat diserahkan kepada pihak pemohon.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *