Berikut Tips Cara Mencegah Polusi di Dalam Rumah

Berikut Tips Cara Mencegah Polusi di Dalam Rumah

Kesehatan manusia dipengaruhi oleh bersihnya udara yang dihirup. Saat kita berada di luar ruangan mungkin kita bisa melihat asap asap kendaraan yang biasanya berwarna hitam. Lalu bagaimana  dengan populasi udara  yang tidak terlihat.? Tentunya akan sangat sulit sekali untuk dihindari. Sehingga tidak heran jika populasi di dalam ruangan seringkali dianggap sebagai populasi yang sangat berbahaya bagi kesehatan.

Agar anda terhindar dari dampak populasi di dalam ruangan yang tidak terlihat yuk kita sama sama jaga kebersihan dengan cara meminimalkan populasi udara di dalam ruangan. Untuk mengurangi populasi ruangan simak beberapa tips berikut.

  1. Meningkatkan ventilasi udara

Ventilasi merupakan salah satu bagian rumah yang berfungsi sebagai pengatur sirkulasi udara dalam ruangan. Banyaknya ventilasi udara di suatu rumah tentunya akan memudahkan anda dalam mengurangi populasi di dalam ruangan rumah.

  1. Membersihkan Ac Secara Teratur

Kebanyakan orang menganggap bahwa AC hanya perlu dibersihkan jika rasa dingin yang diberikan Ac sudah tidak maksimal lagi namun perlu anda ketahui bahwa filter AC yang kotor dapat membuat partikel partikel debu halus dapat ikut keluar bersamaan dengan hawa dingin yang keluarkan Ac sehingga udara menjadi tidak sehat.

  1. Mengurangi Penggunaan Bahan Kimia

Selalu perhatikan label bahan produk yang anda gunakan. Usahakan untuk tidak menggunakan bahan bahan yang mengandung zat kimia teritama bagi anda yang memiliki anggota keluarga yang memiliki pennyakit alergi terhadap benda kimia sebaiknya beralihlah ke bahan bahan yang alami.

  1. Menjaga Kebersihan Perabot Rumah Tangga

Perabot rumah tangga bisa menjadi tempat tempat debu halus menempel dan dapat berterbangan di udara saat tertiup angin. Bersihkan perabot secara berkala untuk mengurangi kemungkinan polusi udara di dalam rumah. Untuk membersihkan perabot, anda dapat menggunakan vacuum cleaner untuk menghindari debu menyebar ke udara.

  1. Perhatikan Ventilasi Udara Saat Memasak

Sumber polusi terbesar di dalam rumah adalah sap kompor ketika memasak. Jika anda hendak memasak maka pastikan bahwa ventilasi udara di dapur sudah dibuka dengan baik agar polusi yang berasal dari kompor dapat keluar melalui ventilasi udara.

Itulah beberapa tips untuk mencegah polusi udara di dalam ruangan dan semoga dapat membantu anda bersama keluarga terhindar dari bahayanya polusi ruangan. Ingat bahwa polusi udara di dalam ruangan merupakan polusi udara yang sangat bahaya karena polusi tidak dapat kita lihat dan sudah pasti akan sulit untuk dihindari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *