8 Cara Mencegah Rumah Bocor Paling Ampuh

8 Cara Mencegah Rumah Bocor Paling Ampuh

Musim penghujan sudah tiba, pastikan bahwa kondisi rumah anda aman dari bocor agar kenyamanan anda beserta keluarga dapat terjaga disaat hujan turun. Rumah bocor tentunya akan membuat anda merasa terganggu terutama saat anda bersama keluarga saat beristirahat atau sedang tidur malam.

Rumah bocor diwaktu yang tidak tepat tentunya akan membuat tidur anda merasa kerepotan dan bahkan dapat menyebabkan anda menjadi kurang tidur yang akan berdampak buruk bagi kesehatan dan pekerjaan anda. Agar anda terhindar dari masalah tersebut sebaiknya tangani kondisi rumah anda sebelum turun hujan. Berikut ini ada beberapa tips cara mencegah rumah dari bocor.

  1. Periksa atap

Sebagai langkah awal untuk memastikan rumah agar terhindar dari bocor maka anda dapat memulainya dengan memeriksa kondisi atap rumah anda. Pastikan tiap sudut tidak mengalami kebocoran ataupun kerusakan. Jika anda menemukan sudut yang bocor maka segera perbaiki.

  1. Periksa plafon

Dikarenakan mencari titik kebocoran di sebuah atap rumah bukanlah hal yang mudah maka anda dapat mencoba menemukan titik kebocoran atap melalui plafon. Untuk menemukan titik kebocoran atap melalui plafon, anda dapat melihat warna plafon yang biasanya akan memberikan warna dengan bercak kuning, terutama untuk plafon yang berwarna putih.

  1. Periksa talang air

Selain memastikan kondisi atap dan plafon, jangan lupa juga untuk mengecek kondisi talang hujan pada rumah anda karena jika kebocoran berasal dari talang hujan biasanya akan menyulitkan anda menemukan sumber kebocoran dikarenakan talang hujan yang bocor biasanya akan merembes.

  1. Bersihkan selokan

Untuk menghindari kebocoran dari dinding bangunan pastikan bahwa kondisi selokan sekitar rumah tidak tersumbat.

  1. Perhatikan pintu dan jendela

Saat hujan turun yang disertai dengan angina biasanya akan membuat air masuk ke rumah melalui cela cela jendela dan pintu, maka pastikan bahwa pintu dan jendela anda tertutup rapat.

  1. Gunakan Cat Tahan Air

Menggunakan cat tahan air merupakan solusi yang sangat tepat untuk menghindari kebocoran pada sebuah rumah.

  1. Basmi Hama

Tidak hanya faktor usia bangunan saja, karena hama juga dapat membuat rumah anda menjadi bocor, salah satunya seperti tikus, rayap dan hama hama lainnya. Jika dirumah anda terdapat hama hama yang dapat menyebabkan kebocoran maka basmi dengan segera hama tersebut.

  1. Cek Kondisi Pepohonan

Jika di rumah anda terdapat pepohonan dengan ranting yang menjalar ke bagian atap maka pangkaslah pohon tersebut karena hujan yang disertai angina dapat membuat pepohonan bergoyang sehingga ranting pohon dapat merusak atap rumah.

Itulah beberapa tips dalam mengatasi kebocoran pada rumah dan bangunan. Selalu cek kondisi rumah sebelum hujan datang agar anda bersama keluarga tetap aman berada di dalam rumah saat hujan datang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *