Cara Memasang Atau Mengganti Engsel Pintu Kayu

Cara Memasang Atau Mengganti Engsel Pintu Kayu

Di dalam bangunan rumah selalu akan adanya pintu rumah, yang dimana, pintu rumah itu agar  bisa berdiri tegak dan bisa  dibuka dan ditutup dengan baik, diperlukannya  yang namanya engsel pintu.  Jika engsel kita rusak, sebenarnya kita pun bisa mengerjakannya sendiri tanpa harus mencari professional tukang untuk memperbaiki atau memasang engsel yang baru pada daun pintu rumah kita. Keterampilan ini sangat bermanfaat bagi si pemilik rumah yang  mempunyai hobi mengerjakan  perbaikan rumah dengan sendiri. Dan bisa juga menghemat keuangan di dalam rumah tangga. Berikut penjelasan  cara memasang atau mengganti engsel pintu.

  1.       Kita perlu menentukan letak dimana engsel akan dipasang.

Perlunya menentukan tata letak engsel yang akan dipasang pada dinding pintu. Umumnya engsel yang dipasang hanya cukup dua engsel saja. Yang pertama dipasang pada bagian atas kusen pintu yang jarak  letaknya sekitar 17,5 cm diukur dari atas ke bawah. Dan juga yang kedua dipasang di bawah pintu yang letaknya sekitar 27,5 cm dari bawah dasar kusen pintu. Ukur terlebih dahulu dan berikan tanda posisi pada kusen dan daun pintu yang akan dipasangkan engsel.

  1.       Menggambar pola sesuai dengan Bentuk engsel.

Pada langkah kedua ini kita akan menggambar pola yang sesuai dengan bentuk engsel yang akan dipasang. Caranya dengan menempelkan sayap engsel di bagian posisi yang tadinya sudah ditandai pada daun pintu dan juga kusen, dan kita bisa memulai menggambar mengikuti pola sayap engsel sesuai dengan bentuk aslinya.

  1.       Membuat lubang kecil untuk tempat pemasangan engsel

buatlah lubang kecil sesuai dengan pola pada bentuk engsel. Lubang yang dibuat sesuai dengan pola engsel bertujuan agar sayap engsel akan dipasang rata dengan sisi daun pintu ataupun kusen.

  1.       Memberikan tanda pada lubang engsel.

pasang engsel pada lubang yang sudah dibuat sesuai dengan bentuk nya. dan berikan tanda dengan menggunakan pensil atau spidol pada lubang yang berada di sayap engsel. Angkat engsel setelah di tandai.

  1.       Membuat lubang sekrup

gunakan obeng atau paku dan palu untuk membuat lubang kecil pada titik yang tadinya sudah ditandai di tempat sekrup engsel yang nantinya akan dipasang. Lubang kecil ini berguna untuk memasang sekrup engsel agar tidak meleset .

  1.       Pemasangan engsel.

Sayap engsel bisa kita pisahkan , untuk memasang sayap engsel ke masing masing lubang kecil tempat sayap engsel tadi dibuat. Gunakan obeng untuk memasang sekrup . kecengkan dalam memasang sekrup pada daun pintu.

  1.       Menyatukan daun pintu dengan kusen.

Setelah sekrup di pasang semua pada sayap engsel yang dipasang di daun intu dan juga kusen.  Sekarang kita menyatukan daun pintu dengan kusen . pas kan agar kedua sayap engsel dapat menyatu di tandai dengan buku engsel pada posisi segaris,  kemudian masukkan pin engsel  ke dalam lubang buku engsel dan pastikan terpasang dengan baik.lakukan pada semua engsel pada pintu. Setelah itu kita bisa mencoba  untuk membuka dan menutup pintu . jika engsel sudah bekerja dengan baik . selesai  sudah pekerjaan kita .

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *