Jenis Pasir untuk Bahan Bangunan

5 Jenis Pasir untuk Bahan Bangunan. Dalam membangun sebuah bangunan bahan yang paling utama adalah pasir,batu bata, semen. Diantara Ketiga bahan tersebut semuanya saling berkaitan.  Jika salah satu bahan tersebut tidak ada , maka kita tidak bisa membangun  bangunan atau rumah yang kokoh dan juga kuat. Pasir .

 Kali ini penulis akan   mengulas tentang bahan bangunan Pasir.  Pasir merupakan bahan material yang memiliki bentuk butiran  pasir memiliki materi pembentukan dari silikon,dioksida, dan  ada juga pasir yang dibentuk dari batu kapur yang biasanya berada di daerah pantai tropis dan subtropis. Pasir memiliki beberapa jenis . disini penulis akan menyebutkan lima jenis  pasir untuk bangunan dan sesuai dengan kualitas nya:

  1.       Pasir Merah

Pasir ini biasanya  dipakai khusus untuk bahan cor beton , dikarenakan pasir ini mempunyai  bentuk yang kasar dan batunya juga  lebih besar. Pasir ini kalau di daerah sukabumi dan juga cianjur biasanya disebut dengan Pasir Jebrod.

  1.       Pasir Elod

Pasir ini biasanya untuk pembuatan batako dan juga bisa digunakan untuk plesteran dinding.  Dan terkadang juga pasir ini dipakai untuk campuran  pada pasir beton.pasir elod ini  jika dikepal  pasirnya tidak akan  buyar ,dikarenakan pasir ini di dalamnya  masih adanya campuran dari tanah dan memiliki warna  yang hitam. dan pasir ini jika digunakan untuk bangunan sangat tidak direkomendasikan. Karena tidak bagus.

  1.       Pasir Pasang

Pasir pasang ini  sangat cocok sekali untuk plesteran dinding. Dan juga kebanyakan pasir ini  dipakai untuk campuran pasir beton.pasir ini juga tidak jauh beda dengan pasir elod jika dikepal pasir ini tidak akan buyar.

  1.       Pasir beton

Pasir ini memiliki warna yang hitam pekat dan juga butiran pasirnya cukup halus. Yang membedakan pasir  ini dengan yang lainnya adalah jika pasir ini dikepal ,maka pasir ini tidak akan  menggumpal tetapi akan buyar ,dikarenakan  tidak adanya campuran lumpur di dalamnya. Dan pasir beton ini sesuai namanya sangat cocok jika digunakan untuk pengecoran beton, plesteran dinding, pondasi bangunan, dan juga lebih bagus lagi untuk pemasangan bata dan juga batu.

  1.   Pasir sungai

Pasir ini pastinya kalian tahu kalau diperolehnya dari bawah sungai. Pasir sungai adalah pasir yang terbentuk dari gigisan batu-batuan yang keras dan juga tajam,  dan pasir sungai ini sangat baik untuk pekerjaan pasangan.  Dan biasanya pasir sungai hanya untuk campuran saja.

Begitulah ulasan tentang 5 jenis pasir untuk bahan  bangunan  yang penulis sampaikan . semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *