Cara Membuat Dinding Semen Kuat dan Tanpa Retak

Cara Membuat Dinding Semen Kuat dan Tanpa Retak

Cara Membuat Dinding Semen Kuat dan Tanpa Retak. Membuat suatu bangunan rumah  yang kokoh dan juga kuat di perlukan nya pemasangan batu bata atau batako yang baik dan juga campuran  adukan semen dan pasir yang pas. Pada artikel ini penulis akan  mengulas beberapa langkah Cara Membuat Dinding Semen Kuat dan Tanpa Retak.

  1. Rendam batu bata  kedalam air

Kalian pasti pernah melihat atau sering melihat para tukang professional saat akan memasang batu bata pasti dibasahkan dahulu atau di rendam dahulu supaya batu bata menjadi lembab. Agar pasangan batu bata kuat rendamlah  selama satu jam agar batu bata benar benar lembab sebelum di pasang.

  1. Buatlah garis pedoman pemasangan

Dalam pemasangan batu bata perlunya pengikat antara lapisan batu bata, dengan cara membuat garis pedoman pemasangan. Membuat garis pedoman agar bisa membuat tembok menjadi lebih kuat , untuk pembuatan garis pedoman umumnya dipakai ukuran  “ setengah batu bata ”.

  1. Tebal pemasangan dibawah  1,5 cm

Untuk  lapisan pemasangan batu bata , pemasangan pada semen disarankan ketebalannya tidak melebihi dari 1,5 cm atau dibawahnya. Jika diatas 1,5 cm membuat semen yang nantinya berjatuhan lebih banyak disaat mengering dan akan membuat dinding tidak akan lurus .

  1. Buatlah kolom dan palang balok

Untuk pembuatan kolom dan juga palang balok , untuk lebarnya  2,5 meter dan memiliki tinggi 1,5 meter.  Ini disebabkan fungsi nya agar berat dinding bata  menjadi rata dan juga bisa menghindari terjadinya dinding terjatuh.ketebalan  kolom dan juga palang balok harus sama dengan ketebalan batu bata. Untuk lebar pada kolom dan juga lebar pada balok  jangan sampai kurang dari 15 cm.sebelum pengecoran  struktur nya harus  kuat  agar   dinding menjadi lebih kuat.

  1. Buatlah kolom di pintu dan jendela

Untuk membantu pembuatan bingkai pintu atau jendela, semua yang terdapat lubang bor diharuskan mempunyai kolom dan juga palang balok yang nantinya akan dikelilingi bingkai dan juga nantinya akan selalu bergerak keluar masuk.

  1. Buatlah kolom di bagian sudut Dinding.

Kolom yang memiliki fungsi untuk bingkai saat pemasangan dinding, seperti bagian tiang yang nanti disisipkan diantara dinding.

  1. Pasang Rangka Baja

Agar memiliki dinding batu bata yang kuat diwajibkan mempunyai  penahan pada lantai dengan pilar batu bata, oleh karena itu kalian wajib  menyambung kawat yang berdiameter 6mm di bagian dalam pilar beton.

  1. Basahkan batu bata saat plesteran

Setelah dinding terbentuk setelah, didiamkan  beberapa hari  sebelum nantinya dinding akan di plester. Setelah itu satu hari sebelum memulai bekerja memplester dinding . basahilah dinding  supaya bisa mencegah air yang menyerap bisa membuat dinding retak.

  1. Selalu membasahi dinding saat proses plesteran

Yang membuat dinding semen kuat   adalah air , dimana untuk memberi air yang cukup pada semen , pengairan wajib dilakukan disaat plesteran sudah  selesai, paling tidak satu hari sekali sampai 3-7 hari. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *