Cara Menyambung Kabel Agar Kedap Air

Cara Menyambung Kabel Agar Kedap Air

Cara menyambung kabel agar kedap air. Dalam menyambung kabel listrik tidak sembarangan menyambung saja, tetapi ada cara tersendiri agar sambungan kabel  bisa aman dan juga tidak terjadi hubungan singkat di masa yang akan datang  yang mengakibatkan kualitas isolasi yang tidak baik ataupun  dalam pengaruh cuaca yang biasanya isolasi bisa menjadi berubah.

Bagian isolasi  sebagai  isolator dan juga sudah dipasang sebagai pemisah kabel listrik   akan mengalami terbuka, lengket, lumer  karena panas pada waktu , usia dan juga cuaca yang membuatnya berubah. Perubahan ini akan menjadi bahaya dan juga berpotensi kebakaran  disaat jaringan listrik   mulai terbuka  di bagian  sambungan .

Dalam menyambung kabel  listrik di air pun tidak  perlu mempunyai keahlian khusus .kita bisa menyambungnya sendiri tanpa perlu   memakai profesional. Karena kalian bisa menyambungnya  sesuai dengan aturannya.   Berikut cara menyambung kabel agar kedap air:

  1.  Pertama kalian kupas masing masing kabel yang akan disambungkan sepanjang 10 cm. Masing- masing kabel dikupas sama panjang .
  2.  Setelah di kupas kalian sambung  kabel tersebut dengan teknik  sambung puntir yaitu  setiap kabel di yang di kupas kalian tempelkan menjadi satu pada bagian kabel yang telah dikupas . terus di punter menggunakan tang kombinasi pada arah  berlawanan  , ke arah kanan dan juga ke arah kiri    dengan tekanan yang kuat.
  3. Setelah dipuntir kalian bisa merapikan hasil dari sambungan yang tadi dengan cara memotong kabel yang lebih .
  4. Kalau sudah rapi kalian bisa mengisolasi  dengan isolasi yang kedap air, biasanya isolasi yang kedap air ini digunakan dengan cara dibakar.  Pada isolasi selongsong ini sebelum menyambung kabel. Masukan dahulu isolasi ini ke  salah satu kabel, gunakan secukupnya. Nah setelah dimasukan maka kabel bisa kalian sambung , setelah di sambung kalian pakai isolasi kedap air yang biasa dahulu setelah itu baru gunakan isolasi selongsong yang nantinya  dibakar agar isolasi selongsong merekat.   Dengan mengisolasi double maka sambungan kabel listrik akan aman  saat masuk ke air .

Begitulah cara menyambung kabel agar kedap air.  Kalau Kalian mengikuti sesuai dengan aturan diatas, maka sambungan kabel listrik akan aman ketika dimasukkan ke air dan juga akan aman jika di dalam rumah ada kebocoran  disaat hujan. Sambungan aman  dan tidak akan mengalami konsleting.

 Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *