Cara Mengecat Tembok yang Tepat Supaya Warna Tahan Lama

Cara Mengecat Tembok yang Tepat Supaya Warna Tahan Lama. Di masyarakat banyak dikeluhkan dengan cat dinding atau tembok  yang warnanya  tidak tahan lama, itu dikarenakan  teknik mengecat dan cara mengecat yang asal-asalan, yang mengakibatkan  cat tembok cepat rusak,berjamur dan sangat mudah mengelupas.  Dalam mengecat tembok ada tips  dan cara khusus agar warna cat bertahan lama.

Berikut penulis akan berbagi tentang cara mengecat tembok yang tepat supaya warna cat tahan lama:

  •         Cara mencampur dan mengaduk dinding

Pada saat pembuatan dinding di awal kalian perlu memperhatikan prosesnya  ketika memplester dinding, standarnya untuk memplester  dinding menggunakan adukan  1 semen : 3 pasir . dengan campuran yang standar ini   bisa menjadikan dinding tidak gampang retak atau pecat.dan juga  bisa berpengaruh dalam keawetan pada cat dindingnya.  Setelah di plester gunakan finishing dengan aci supaya dinding rumah  bisa lebih awet. Tidak gampang berjamur dan juga mengelupas.

  •         Membersihkan dinding

Jika dinding yang akan di cat , pastikan dinding sudah bersih dari kotoran, kering dan tidaka ada lumut atau jamur yang menempel. Jika dinding masih kotor biasa membuat cat tidak akan menempel  dengan sempurna pada dinding. Yang mengakibatkan cat gampang terkelupas. Kalau dinding kalian banyak ditumbuhi lumut, kalian bisa memakai air kaporit , supaya gampang membersihkannya.

  •         Selalu  menggunakan cat yang sesuai dengan bahan dinding

Dalam menggunakan cat tembok gunakanlah cat yang sesuai dengan kebutuhannya, seperti halnya cat tembok berbeda dengan cat kayu.  Cat tembok umumnya memiliki tekstur yang tebal dibanding dengan cat pada dinding yang lain yang sebagai penutup lapisan semen yang berada di bawah.  Pemakaian cat yang benar dan tepat bisa membuat cat lebih awet

  •         Gunakan cat khusus eksterior pada dinding bagian luar

Untuk cat bagian luar pastikan gunakan cat yang khusus eksterior karena  bisa melindungi dinding terhadap perubahan cuaca ekstrim dan juga iklim.  Cat khusus eksterior  biasanya disebut dengan cat waterproof  atau juga weather resistance yang dimana cat ini bisa membuat dinding terhindar dari tumbuhnya jamur dan juga flek yang disebabkan rembesan air disaat hujan turun. Pemakaian cat yang tepat bisa membuat kita tidak perlu mengecat  ulang dinding beberapa tahun kemudian.

Begitulah beberapa tips dan cara mengecat tembok yang tepat supaya warna tahan lebih lama. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *