Bahaya Urine Tikus Di Rumah

Bahaya Urine Tikus Di Rumah

Bahaya Urine Tikus Di Rumah. Tikus adalah binatang yang kotor. Jika di dalam rumah atau di ruang gudang ada tikus yang berkeliaran, sudah dipastikan tempat itu tempat yang kotor, dan perlu dibersihkan agar tikus tidak lagi bermukim di sana. Selain kotor tikus juga sangat berbahaya  yang selalu menggerogoti barang barang yang ada dirumah kita. Selain itu  perlu diwaspadai , urine tikus  juga sangat berbahaya bagi kesehatan manusia. Dimana dalam urine tikus terkandung bakteri  leptospira.

 Bakteri leptospira sangat berbahaya sekali  sudah terjadi leptospirosis yang disebut juga demam selama tujuh hari berturut-turut. dan penyebab terjadinya penyakit ini  karena bakteri leptospira.  Jenis penyakit ini bisa menular melalui binatang sebagai perantaranya yaitu tikus dan anjing.  Penyakit leptospira di dalam air tawar  hidup  bisa bertahan sampai satu bulan. Bukan di air saja tetapi bakteri leptospira bisa terdapat di udara yang lembab dan juga kotor dsn bertahan lebih lama.

Kencing tikus  adalah tempat yang paling cepat tumbuh berkembang biak dengan cepat dan kalau kencing tikus berada di suatu tempat  , bakteri leptospira bisa hidup  di tempat itu lebih lama.

Jika bakteri ini  mengenai tubuh  manusia  melalui kulit, selaput lendir, luka , makanan dan juga air yang telah terjangkit bakteri tersebut. Bakteri ini bisa masuk kedalam aliran darah hanya membutuhkan waktu  4 sampai 10 hari . setelah itu bakteri ini akan menyerang organ –organ tubuh manusia yang  sangat penting yaitu, jantung, paru – paru dan juga ginjal.

Disaat terkena bakteri leptospira dan juga sudah sampai terinfeksi maka akan menimbulkan gejala-gejalanya yaitu kepala terasa berat, badan lemas/malaise, muntah, kelopak mata memerah, nyeri pada otot di bagian betis sampai punggung dan juga akan mengalami demam sampai menggigil.

Bakteri ini jika sudah terkena tubuh dan timbul gejala-gejala yang disebutkan diatas , kalau tidak ditangani dengan cepat bisa berakibat kematian pada penderitanya.

Agar kita tidak sampai terkena penyakit leptospirosis , kalian bisa  melakukan pemberantasan tikus yang berada di sekitar rumah  kalian.  Selalu hidup bersih dan juga sehat. Jangan sampai kalian membuang sampah sembarangan di sekitar rumah.

 Kalau di bagian tubuh kalian ada luka , maka tutuplah luka tersebut dengan plastik yang kedap dengan air, supaya luka pada kalian selalu terlindungi  dari infeksi . karena bakteri air kencing  tikus sangat gampang sekali menyerap ke dalam tubuh  yang terluka.  Selalu  mencuci kaki dan tangan dengan bersih sebelum makan dan juga selesai melakukan bersih-bersih  di kamar mandi.

Kalau kalian merasakan gejala terkena leptospirosis. Langsung saja periksakan ke dokter agar bisa ditangani lebih cepat yang sesuai dengan aturannya. 

Begitulah ulasan tentang bahaya Urine tikus dirumah. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *