Mengenal Jenis Pasir dan Semen

Mengenal Jenis Pasir dan Semen

Mengenal Jenis Pasir dan Semen. Jika kita ingin membangun rumah atau struktur bangunan yang lain pastinya elemen utama yang pasti batu bata atau batako,pasir dan juga semen. Walaupun kita selalu melihat  dan memakainya, tetapi belum mengetahui nya kalau bahan  utama seperti pasir dan juga semen memiliki beberapa jenis. Jenis nya juga memiliki kegunaan nya masing –masing. Kalau cara pemilihan dan juga pencampuran tidak pas atau tidak sesuai , maka akan  menjadi kan kekuatan dan juga kualitas dalam membangun  rumah akan menjadi tidak maksimal. Dan bisa membuat rumah tidak terjamin tahan lama kekuatannya.

Setiap membangun rumah pasti akan ada proses pengecoran, dan untuk pengecoran  saat memilih pasir harus pilihlah pasir  Yang khusus untuk beton pengecoran, biasanya pasir itu dinamakan pasir beton. Untuk mengetahui pasir itu adalah pasir beton, setidaknya harus mengetahui ciri-ciri dari pasir beton, salah satu cirinya  pasir beton ini memiliki warna yang hitam dan juga kasar. Pasir ini biasanya  dari kawah gunung atau  dari aliran sungai. Pasir beton ini bukan hanya untuk pengecoran beton juga. Tetapi bisa juga digunakan untuk plester dinding dan juga pemasangan ubin.

 Dalam memilih pasir beton  yang memiliki kualitas yang bagus,  maka pilih kandungan lumpur pada pasir yang sedikit. Agar kita tahu kalau pasir itu memiliki kandungan lumpur yang sedikit, kita bisa melakukannya dengan memegang langsung pasir tersebut. Kalau saat dipegang pasir  kasar dan juga keras serta tajam, bisa dipastikan pasir itu memiliki kandungan lumpur yang sedikit , sedangkan jika terasa lembut  dan menggumpal saat dikasih air , kita bisa pastikan pasir tersebut memiliki lumpur yang lebih banyak

Jenis pasir lainnya adalah pasir urug pasir ini biasanya dipakai untuk pemasangan paving block . cici-ciri pasir ini memiliki warna yang agak kecoklatan . memiliki tekstur pasir yang halus dibandingkan pasir beton.pasir urug memiliki keunggulan  dalam menampung ari yang lebih banyak , oleh karena itu pasir ini sangat cocok untuk penyerapan. Tetapi jika di pakai untuk bangunan mutu bangunan tidak akan kuat

Untuk bahan semen juga memiliki beberapa jenis semen yaitu semen Portland . dan semen Portland  ini juga dibagi menjadi beberapa macam yaitu semen Portland tipe satu, Portland pozzolan atau ppc, semen Portland komposit  atau PCC, Portland semen tipe dua, ordinary Portland semen tipe tiga dan ordinary portland semen tipe empat.

Begitulah ulasan singkat tentang mengenal jenis pasir dan semen yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *