Perlukah Cat Dasar Untuk Tembok Lama

Perlukah Cat Dasar Untuk Tembok Lama

Perlukah cat dasar untuk tembok lama. Dalam pengecatan ulang  dinding pada rumah , tidak semua nya perlu  pakai cat dasar. Tetapi ada yang pakai da nada juga yang tidak. Jadi perlu danya pengecekan pada dinding yang akan kita cat ulang .  untuk mengetahui apakah tembok dinding yang akan kita cat ulang perlu kita gunakan cat dasar lagi atau tidak , kita perlu memperhatikan beberapa kondisi dinding di bawah ini.

  1. Jika   kondisi dinding secara fisik  saat kita lihat  sekilas dinding yang lama cat nya rusak seperti berubah warna, mengapur,mengelupas, dan juga terdapat beberpa kerusakan yang lainnya,  maka cat yang lama kita kupas sampai bersih .
  2. Jika cat lama sudah mengapur  saat kita melakukan test pada dinding dengan cara menggosok dengan kanan dan warna pada cat menempel di tangan , kondisi seperti ini cat lama harus kita kupas sampai bersih juga.
  3. Jika dinding rumah timbul gelembung kecil-kecil  itu menandakan kalau cat sudah mengapur dan sebaiknya di kupas.jika tidak bergelembung kita coba tes dengan menyemprot air ke dinding selama 5-15 menit , dan jika setelah itu dinding timbul gelembung makan cat lama perlu di kupas juga.

Kalau kondisi dinding tidak seperti yang di jelaskan sebelumnya diatas, itu berarti kondisi cat masih bagus dan kita hanya cukup membersihkan  dinding dari debu dan juga kotoran yang pastinya banyak menempel  dengan mengamplas  hingga permukaan cat terlihat bersih. setelah itu bisa langsung melakukan pengecatan tanpa perlu  memakai cat dasar lagi.

Untuk cara penegecatan ulang jika cat lama rusak  berikut penjelasannya:

  1. Kita kupas atau bersihkan cat lama dengan menggunakan alat kaper/cutter.
  2. Amplas permukaan dinding agar debu dan kotoran yang menempel bersih
  3. Mulailah mengecat  satu lapis cat dasar tanpa penegceran , diamkan mongering kurang lebih 2jam
  4. Setelah mongering kita perlu cek kembali apakah ada lubang-lubang kecil, jika ada bisa kita cat kembali menggunakan cat dasar
  5. Setelah itu kita cat finish pada tahap satu , diamkan lagi selama 2 jam
  6. Jika cat finish sudah kering , kita lakukan cat finish  tahap dua dan diamkan lagi sampai mongering sekitar 2 jam juga.  Kalau kalian merasa diding belum tertutup semua dengan cat , maka kalian bisa lakukan cat finish tahap ke tiga.

Jadi saat pengecatan kita jangan sampai salah ya, supa hasil dari pengecatannya bisa enak di pandang. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *