Berapa Lama Waktu Dibutuhkan Cat Tembok untuk Mengering

Berapa Lama Waktu Dibutuhkan Cat Tembok untuk Mengering

Berapa Lama Waktu Dibutuhkan Cat Tembok untuk Mengering.tidak ada waktu yang tepat untuk menentukan berapa jam cat tembok  setelah di pakai cat di dinding bisa mongering sempurna.  Terkadang apa yang tertera di kemasan cat tidak sesuai dengan realitanya. Cat yang mengering sempurna ada banyak faktor  yang mempengaruhi berapa lama dan cepatnya cat mengering. Cat yang akan benar-benar kering dan kita bisa menggunakan ruangan dengan nyaman untuk dipakai beraktivitas, kita memerlukan kesabaran untuk menunggunya.

Setelah selesai mengecat dinding biasanya  kita akan menyentuh cat yang ternyata secara kasat mata sudah kering tetapi  belum tentu sudah kering semua. Atau sempurna. Jika kita melihat di kemasan cat, biasanya  tertulis  waktu kering cat, yaitu kering sentuh dan juga kering sempurna.

Kering sentuh adalah waktu mengeringnya cat yang aman untuk di sentuh tangan , yang jika kita menyentuh cat  dengan tangan , cat tidak akan membekas atau melekat di tangan. Tetapi kering sentuh ini cat belum sepenuhnya  kering, keringnya hanya di permukaan saja.  Kalau kering sempurna adalah waktu yang diperlukan dalam lapisan cat yang  sudah  benar –benar kering  dan kandungan yang berada pada cat yang menempel di dinding sudah menguap semuanya. Kering sempurna ini menjadi acuan untuk melakukan pengecatan lapisan yang selanjutnya.

Waktu kering yang dibutuhkan cat agar benar-benar sempurna bisa juga tergantung dari bahan dasar cat yang digunakan.karena merk cat  juga memiliki spesifikasi yang berbeda, walaupun ada juga yang sama. Cat yang menggunakan pengencer dengan tiner (solvent based) memiliki waktu yang lebih lama agar kering sempurna dari pada cat yang menggunakan  pengencer air(water based). Jadi kalau kita menginginkan dalam pengecatan yang lebih mudah dan juga efisien, lebih baik kita menggunakan cat yang pengencerannya menggunakan air atau water based . cat yang menggunakan pengencer air atau water based tidak akan memiliki bau yang menyengat dan kesehatan keluarga  kita tidak akan terganggu.

Ada 3 faktor eksternal yang bisa berpengaruh dalam mongering nya cat, factor itu adalah sebagai berikut.

  • Teknik pengecatan

Jika kita orang yang kurang pengalaman dalam mengecat dinding, maka kita akan menggantinya dengan tebal,tidak merata dan juga menyebabkan cat pada dinding mengeringnya tidak cepat dan juga tidak merata. Maka dari itu dalam pengecatan lebih baik kita menggunakan tenaga profesional , agar cat pengecatan lebih rata tebalnya merata dan juga bisa membuat cat pada dinding bisa mongering dengan rata dan tidak terlalu lama.

  • Kelembapan dan suhu pada ruangan

Jika dinding pada ruangan dan sekitar memiliki udara yang sangat lembab , itu menyebabkan cata mengeringnya lebih lama.

  • Sirkulasi udara yang jelek

Ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang tidak bagus ,itu bisa membuat cat  akan mengering lama, solusinya  kita bisa menggunakan kipas  agar cat lebih cepat mengering dengan sempurna.

Jadi untuk berapa lama waktu dibutuhkan cat tembok untuk mongering , tidak ada waktu yang tepat untuk memastikannya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *