Cara Mengecat Tembok Rumah Sendiri Tanpa Tukang

Cara Mengecat Tembok Rumah Sendiri Tanpa Tukang

Rumah yang sudah lama pastinya kita ingin merasakan sesuatu yang beda, dan suasana yang baru juga. Cara nya sangat mudah sekali ,kita hanya perlu mengganti cat dinding yang berwarna baru. Untuk pengecatan kita tidak usah  menggunakan jasa tukang,  tetapi kita kerjakan sendiri , dalam proses pengecatan kita bisa mulai dengan mempersiapkan alat alat yang diperlukan dan juga kita bisa  memilih cat tembok yang berkualitas. Berikut cara mengecat tembok rumah sendiri tanpa tukang.

  • Persiapkan dinding tembok yang mau di cat

Dinding tembok  yang mau kita cat kita perlu bersihkan dan juga dinding tembok harus dipastikan kering ,tidak basah, tidak berdebu, jika dinding tembok ada yang berlubang atau retak , kita perlu ditambal dahulu sebelum  pengecatan di mulai.

Kita perlu melindungi bagian yang tidak ingin dicat bisa menggunakan kertas atau pita perekat. Seperti batas antara dinding dan lantai, bingkai dan jendela.. setelah selesai mengecat kita harus langsung melepas pita perekat.

Kita pakai cat dasar sebelum kita mengecat  tembok dengan cat utama. Cat dasar yang digunakan yang mengandung acrylic emulsion bahan ini mempunyai daya tahan dari garam alkali dan efflorescence. 

  •  Proses pengecatan 

Pertama –tama kita mengaduk dahulu cat yang belum digunakan.dalam proses pengeceran kita gunakan 20% untuk pengecatan lapisan pertama dan 10% pada lapisan berikutnya. Jangan lupa menggunakan air yang bersih untuk pengenceran.

Pada penggunaan alat pengecatan roller, kita tidak bisa menggunakan pada semua dinding tembok, hanya bisa digunakan  di area yang luas saja. Untuk area yang sulit  di bagian sudut ruangan, kita bisa menggunakan kuas kecil yang selebar dua inci. Dan dalam pengecatan  ada trik yang bisa membuat  hasil cat kita bisa menjadi rata , caranya  kita hanya perlu melakukan gerakan zig –zag  dimulai dari atas terus ke bawah sampai berulang kali hingga dinding tertutup dan rata.

  • Membersihkan peralatan

Setelah selesai mengecat , kita langsung bersihkan semua peralatan  agar sisa cat yang ada di kuas tidak lengket dan mengeras yang membuat jika mau memakai kita bisa langsung pakai. Dan juga peralatan lebih awet.

  • Tips menyimpan 

Ada tips agar cat yang sudah kita pakai bisa awet. Setelah pemakaian tutuplah kemasan cat dengan rapat dan juga kita jauhkan dari anak-anak. Kemasan digunakan khusus untuk menyimpan cat yang telah digunakan.

Demikian cara Mengecat Tembok Rumah sendiri tanpa tukang. Semoga artikel ini bermanfaat. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *