Mau Mengecat Rumah? Inilah 5 Cara Memilih Cat Tembok Aman Untuk Keluarga

Mau Mengecat Rumah? Inilah 5 Cara Memilih Cat Tembok Aman Untuk Keluarga

Anda tidak boleh asal dalam mengecat rumah. Banyak hal yang harus dipertimbangkan demi menghasilkan tampilan rumah yang tidak hanya cantik dan menarik saja melainkan juga menjamin keamanan semua orang yang menghuninya.  

Cara Memilih Cat Tembok Yang Aman Untuk Keluarga

  • Berkualitas Terbaik

Ciri cat yang bagus adalah berbasis air karena kadar VOC (Volatil Organic Compound) yang terkandung di dalamnya rendah. VOC jika dipakai berlebihan menyebabkan gangguan pada manusia, misalnya menyebabkan pusing. 

Oleh karena itu, Anda sangat dianjurkan untuk memakai cat berbasis air saja. Selain lebih aman, cat tersebut juga lebih cepat kering dan cara membersihkannya mudah. 

  • Cat Bisa Menutup Retakan Pada Tembok

Keretakan sering dijumpai pada tembok karena pengaruh cuaca, usia dari cat dan rumah yang memang sudah tua. Selain itu, adanya perbedaan massa jenis kayu dan tembok akan menyebabkan keretakan jika keduanya mengalami gesekan.

Solusi untuk mengatasinya adalah dengan memilih cat yang memiliki kemampuan untuk menutup keretakan. Proses penutupan akan semakin mudah jika Anda menggunakan cat bersifat elastis. 

  • Anda Perhatikan Teknologi Dan Formula Cat

Setiap produk cat menawarkan kelebihan yang berbeda-beda. Anda dapat memilih sebuah cat dengan double technology, yaitu ceramic seraphine technology dan silicone impregnation technology. 

Teknologi silikon berfungsi membantu tembok agar dapat menahan air. Sedangkan, adanya ceramic seraphine technology mampu melindungi tembok sehingga lebih kuat dan tahan lama. 

  • Mengetahui Karakter Warna Cat

Masing-masing warna mempunyai karakter berbeda. Oleh karena itu, berhati-hatilah dalam memilih warna karena dapat mempengaruhi suasana dan mencerminkan karakter pemiliknya. Anda pertimbangkan juga gaya arsitektur rumah agar menciptakan kesan tersendiri. 

  • Mengandung Anti Chloride

Apabila rumah Anda berlokasi tidak jauh dari pantai, sebaiknya pilihlah cat dinding yang memiliki formula anti chloride tepat. Tujuannya agar menghindari berbagai kerusakan seperti tembok kusam, mengelupas dan retak akibat asam garam laut yang korosif.  

Mengecat sebuah rumah bukanlah hal yang mudah. Beberapa cara di atas bisa Anda coba untuk menciptakan suasana rumah yang nyaman dan tetap memprioritaskan keamanan bagi seluruh anggota keluarga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *