Tips Menggunakan Cat Untuk Kamar Bayi

Tips Menggunakan Cat Untuk Kamar Bayi

Pengaplikasian cat untuk sebuah kamar harus dipertimbangkan dengan baik. Pasalnya, pemilihan jenis dan warna yang tepat akan berpengaruh besar terhadap estetika. Pastikan cat berkualitas terbaik agar aman bagi penghuninya. 

Penggunaan Cat Untuk Kamar Bayi

  • Menggunakan Kombinasi Warna 

Pemilihan warna penting untuk diperhatikan karena masing-masing memiliki makna yang berbeda-beda. Contohnya ketika Anda memadukan warna biru dengan putih maka suasana di ruangan menjadi berbeda. 

Penggunaan warna biru dipercaya akan menenangkan tubuh maupun pikiran. Selain itu, dapat menurunkan detak jantung, tekanan darah dan pernapasan sehingga mengurangi timbulnya perasaan cemas serta agresi.  

  • Tidak Menimbulkan Bau Menyengat

Bagi orang dewasa, saat masuk ke rumah baru biasanya mabuk dengan baunya yang menyengat. Hal ini terjadi karena beberapa cat memiliki bau yang sangat khas. 

Oleh karena itu, Anda usahakan agar cat di kamar bayi tidak memiliki bau sehingga keamanan terjamin dan tidak mengganggu pernapasan bayi. 

  • Pilihlah Cat Anti Kuman Dan Anti Bakteri 

Cat anti bakteri dan anti kuman ini penting untuk diaplikasikan demi memelihara kesehatan semua keluarga, termasuk bayi. Saat ini mudah untuk menemukan jenis cat yang memiliki fungsi seperti ini. Cat tersebut diciptakan guna mendukung kesehatan di lingkungan.  

  • Warna Awet Dan Tidak Gampang Pudar

Kamar adalah tempat utama bagi bayi, hampir semua aktivitas dilakukan di sini sehingga harus dibuat menarik. Salah satunya dengan menggunakan warna cat yang cerah dan tahan lama. Anda pun akan menghemat pengeluaran karena tidak harus mengecat berulang-ulang. 

  • Cat Mudah Dibersihkan 

Cat berbasis air banyak digunakan masyarakat karena memiliki berbagai kelebihan. Salah satunya lebih mudah untuk dibersihkan menggunakan air. Contohnya memakai cat lateks atau akrilik. Cat ini  lebih aman dibandingkan cat berbasis minyak. 

Adanya kandungan pelarut yang bersifat keras membuat cat dengan bahan dasar minyak tidak direkomendasikan untuk ruangan bayi. Pasalnya, cat mampu mengeluarkan senyawa yang mudah menguap dan menimbulkan iritasi pada mata, sakit kepala dan lain-lain. 

Keamanan dan kualitas menjadi poin utama yang wajib diperhatikan saat menggunakan cat untuk kamar seorang bayi. Dengan demikian, bayi akan nyaman dan betah saat beraktivitas di dalam kamar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *