Ide Bermain agar Anak Betah Bermain di Rumah

Ide Bermain agar Anak Betah Bermain di Rumah

Pada umumnya, anak akan lebih tertarik untuk bermain di luar karena terdapat banyak pilihan jenis permainan dan teman bermain. Area untuk bermainnya pun beragam, bisa di lapangan, taman, dan lain-lain. 

Kini, Anda tidak perlu khawatir karena banyak ide-ide kreatif yang bisa dikembangkan untuk menciptakan suasana bermain di rumah jauh lebih menyenangkan daripada di luar. Beberapa ide berikut bisa Anda coba:

Ide Bermain di Rumah yang Menyenangkan

  • Perang-perangan 

Tujuan permainan ini adalah untuk melatih kemampuan motorik. Anak diajak bermain perang-perangan sembari melemparkan benda-benda yang tidak berbahaya. Misalnya menggunakan bantal, guling, boneka, atau bola yang dibuat dari kain perca, kaos kaki, tisu, atau kertas. 

  • Membuat Simulasi Olahraga 

Manfaatkan botol-botol bekas dan siapkan bola untuk bermain boling. Jenis olahraga lain yang bisa dimainkan di rumah adalah bulu tangkis. Anda tinggal menyiapkan kok beserta raket mainan untuk anak. 

  • Menggambar dan Mewarnai

Media bermain yang menarik dan berwarna-warni tentu akan membuat suasana hati anak senang. Anda beri kebebasan pada anak untuk menggambar sesuai imajinasinya. Setelah itu, siapkan kertas dan krayon atau pensil warna untuk mewarnai hasil karyanya. 

Jika anak menginginkan mewarnai atau corat-coret di dinding, maka Anda biarkan saja. Anda tidak perlu takut dinding kotor. Solusinya adalah Anda gunakan cat dinding yang mempunyai teknologi anti noda. 

  • Mengenakan Kostum Tokoh Favorit

Jika si kecil mengidolakan tokoh kartun, seperti super hero, spiderman, princess, dan lainnya, maka tidak ada salahnya Anda belikan kostum tersebut. Anak diarahkan bermain peran sembari memakai kostum seperti di dalam kartun, sehingga permainan menjadi lebih seru. 

  • Bermain Mobil Rechargeable

Kehadiran mobil mainan ini pasti akan menambah keseruan bermain di rumah. Anak bisa melakukan simulasi mengendarai mobil sambil menyanyikan lagu-lagu favoritnya, seolah-olah sedang menempuh perjalanan untuk bertamasya bersama keluarga dan lain sebagainya. 

Selain menciptakan kreasi ide-ide unik dalam bermain, Anda pastikan juga lingkungan dan suasana di rumah nyaman, bersih, dan sehat. Dengan demikian, anak semakin betah di rumah karena menikmati berbagai permainan seru yang Anda buat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *