Membuat Rumah Jadi Tempat yang Aman untuk Anak

Membuat Rumah Jadi Tempat yang Aman untuk Anak

Banyak orang tua yang kurang memperhatikan penataan di dalam rumah dengan baik. Faktanya, banyak anak berumur kurang dari 3 tahun yang dibawa ke rumah sakit karena kecelakaan di rumah. Padahal, seharusnya rumah menjadi tempat paling aman untuk anak-anak bermain.

Cara Menjadikan Rumah Aman bagi Anak

  • Ruang Tamu dan Ruang Keluarga

Anda pilih furnitur-furnitur yang sudutnya tumpul, sehingga saat terbentur tidak membuat anak terluka. Anda lebih waspada juga terhadap mainan berukuran kecil yang tersebar karena anak sangat suka memasukkannya ke mulut. 

Menurut Gary Smith, M.D., Dr. P. H., keberadaan benda-benda kecil bisa berakibat fatal karena jika dimakan menyebabkan anak tersedak.  

Selain itu, Anda gunakan furnitur dengan bahan berat, sehingga tidak gampang bergerak meskipun anak mendorongnya dengan kuat. Menghindari pemakaian meja atau pajangan yang terbuat dari kaca seperti bingkai foto.  

Apabila barang-barang tersebut mampu dijangkau anak, kemudian terjatuh maka bisa menimbulkan luka. Oleh karena itu, Anda bisa beralih menggunakan bingkai berbahan plastik. 

Biasanya TV di ruang keluarga menarik perhatian anak-anak. Hal ini ditunjukkan dengan anak antusias memanjat meja, sehingga rawan jatuh. Anda sebaiknya memasang TV di dinding, memberi pagar pembatas atau bufet dan jangan lupa menutup stop kontak.

  • Kamar Tidur

Jauhkan anak dari benda-benda yang berbahan keras atau kaca,  seperti meja rias, lemari, botol parfum, celengan, dan bahan kimia berbahaya. Pastikan benda-benda yang bagian sudutnya tajam dilapisi pengaman. 

Dinding kamar dilapisi busa anti benturan, kemudian memasang karpet bermotif lucu yang membuat anak tertarik. Pada jendela dipasang teralis, terutama jika Anda memiliki anak yang hobi memanjat. 

  • Dapur

Letakkan pisau dan benda-benda tajam lainnya di area yang tidak bisa ditemukan anak. Kompor, oven, microwave, dan pemanggang roti  diposisikan lebih tinggi dari tubuh anak. Anda sediakan juga tempat sampah tertutup.

  • Kamar Mandi

Pintu kamar mandi diusahakan selalu tertutup. Alat-alat mandi diletakkan di rak bagian atas. Anda juga harus rajin membersihkan lantai, sehingga tidak licin dan membuat anak terpeleset. 

Demi mendukung terciptanya rumah yang aman untuk anak-anak beraktivitas, maka Anda atur tata letak barang dengan hati-hati. Selain itu, dapat membuat playzone beralas karet yang diberi pembatas berbahan busa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *