Tips Menciptakan Ruang Belajar Anak yang Ideal di Rumah

Tips Menciptakan Ruang Belajar Anak yang Ideal di Rumah

Belajar merupakan aktivitas rutin yang dilakukan setiap hari. Oleh karena itu, Anda harus membuat ruang khusus untuk anak agar suasana belajar lebih menyenangkan dan tidak membosankan. Beberapa tips di bawah ini akan membantu Anda mewujudkannya. 

Tips Membuat Ruang Belajar Ideal bagi Anak

  • Pilih Lokasi yang Tepat

Anak akan semakin fokus belajar saat ruangan kondusif dan tidak bising. Letakkan ruang belajar jauh dari dapur, ruang makan, dan ruang keluarga. Ruang belajar tidak harus besar, yang penting suasana di dalamnya tenang.  

  • Mengatur Sirkulasi Udara dan Pencahayaan 

Pencahayaan yang baik dan sirkulasi udara yang lancar sangat mendukung kegiatan belajar anak. Sumber pencahayaan selain dari lampu juga bisa dari sinar matahari. 

Namun, sirkulasi udara harus diatur dengan baik agar di siang hari udara di ruangan sejuk dan tidak panas.

  • Pilihlah Furniture Terbaik

Furniture yang berkualitas baik tentu nyaman untuk digunakan. Anda pilih meja dan kursi yang ukurannya sesuai dengan tubuh anak. Apabila kursi terlalu tinggi, maka kaki tidak akan nyaman karena menggantung. 

Pilihlah kaki kursi yang bisa dinaik turunkan dan dilengkapi sandaran yang empuk agar tidak mudah pegal ketika harus duduk berjam-jam. Sebaiknya kursi juga memiliki roda agar mempermudah pergerakan anak.

Tinggi meja disesuaikan tinggi anak, permukaannya dipilih yang halus dan rata serta terdapat laci untuk menyimpan berbagai alat tulis. Dengan demikian, meja belajar menjadi lebih rapi.  

  • Membuat Desain yang Menarik

Anda libatkan anak saat mendesain ruang belajar. Pilihlah aksesoris dan motif wallpaper sesuai keinginan anak agar meningkatkan mood belajarnya. Namun, warnanya jangan terlalu kontras dan dekorasi tidak boleh berlebihan, sehingga anak tetap fokus. 

  • Jauhkan dari Hiburan

Aktivitas yang ramai dapat mengganggu proses belajar karena anak kesulitan berkonsentrasi. Alangkah baiknya jika ruangan tidak diberi TV atau barang elektronik lain yang di dalamnya terdapat games. 

Kemajuan teknologi menuntut anak mengerjakan tugas menggunakan laptop atau komputer. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menemaninya agar laptop tidak disalahgunakan untuk bermain.  

Sangat mudah bukan untuk membuat ruang yang ideal untuk belajar di rumah? Kelima tips di atas dapat menjadi panduan saat Anda  menciptakannya. Dengan demikian, anak menjadi semakin semangat belajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *