Aman Saat Bermain Di Tangga Rumah

Aman Saat Bermain Di Tangga Rumah

Tangga menjadi salah satu area yang disukai anak untuk bermain atau hanya sekedar mondar mandir naik turun. Hal inilah yang membuat para orang tua sangat khawatir saat anak mulai mendekati tangga. 

Padahal, tangga juga bisa menjadi sarana mengembangkan koordinasi kaki dan tangan anak, terutama saat memasuki fase merangkak maupun berjalan. Tips berikut dijamin bisa membuat Anda lebih tenang saat anak bermain di tangga. 

Tips Aman Bermain Di Tangga

  • Permukaan Lantai Dibuat Lunak

Apabila tangga berada di area dalam rumah, Anda siasati dengan memberi karpet tebal, matras, alas karet atau kasur gulung untuk melapisi lantai yang keras. Tujuannya untuk mengantisipasi apabila anak terjatuh maka tidak menimbulkan luka di bagian tubuhnya. 

  • Memastikan Tangga Aman

Anda pastikan keamanan tangga sebelum dijadikan tempat bermain. Posisi tangga stabil, tidak gampang goyah, permukaan lantai tidak licin dan terbebas dari benda-benda tajam yang membahayakan seperti paku dan serpihan kaca.  

Kerapian di sekitar tangga juga penting  karena jika barang berantakan di mana-mana dapat menghalangi langkah anak. Material penyusun permukaan tangga sebaiknya memakai marmer yang kesat atau kayu. Anda tidak dianjurkan memakai bahan keramik karena licin.

  • Memberi Edukasi Pada Anak

Anda beri pengertian dan arahan kepada anak mengenai arti penting memegang pilar tangga atau dinding ketika naik maupun turun melewati tangga. Dengan demikian, anak akan belajar untuk menjaga dirinya sendiri agar selamat.  

  • Memasang Pagar Pengaman

Keberadaan pagar di sini untuk menjamin keselamatan anak saat naik dan turun tangga. Selain itu, sebaiknya tingkat kemiringan tangga disesuaikan dengan standar sehingga aman bagi anak-anak. 

  • Sering Merawat Tangga 

Tangga harus rajin dibersihkan menggunakan sapu atau vacuum cleaner. Hindari menumpahkan air di tangga karena bisa membuat orang yang melewatinya terpeleset. Jika tangga berbahan kayu, air akan membentuk noda yang sulit untuk dibersihkan. 

Kini, tangga pun bisa disulap menjadi area bermain yang aman. Anak bisa leluasa bermain tanpa membuat orang tua khawatir dan cemas secara berlebihan. Anak pun akan merasa sangat senang Anda beri kebebasan untuk bereksplorasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *