Memanfaatkan Bagian Atap Rumah Sebagai Kebun

Memanfaatkan Bagian Atap Rumah Sebagai Kebun

Pada umumnya, atap hanya digunakan sebagai tempat menjemur baju. Namun, tahukah Anda bahwa atap bisa disulap menjadi sebuah kebun yang menarik. Anda penasaran bukan dengan caranya? Yuk, temukan jawabannya dalam ulasan berikut. 

Langkah-Langkah Membuat Kebun Di Atap Rumah

  • Menyediakan Lahan

Tidak semua atap rumah bisa dibuat sebuah kebun. Hanya rumah-rumah dengan bentuk atap datar dan dibuat dari dak beton yang bisa disulap menjadi kebun. Luasnya bisa disesuaikan dengan ukuran atap yang tersedia. 

  • Waterproofing

Anda pastikan atap tidak bocor atau rembes dengan cara mengetes terlebih dahulu. Atap digenangi air beberapa hari. Apabila tidak ditemukan kebocoran maka atap bisa dijadikan kebun. 

Anda gunakan sistem waterproofing, yaitu melapisi atap dengan semen sehingga mencegah terjadinya kebocoran. 

  • Membangun Sistem Drainase Air

Sistem drainase penting diperhatikan untuk mengontrol air agar jumlahnya di dalam tanah tidak berlebihan. Sistem drainase yang bagus untuk diaplikasikan pada atap adalah memakai drainage cell.

Drainage cell diletakkan di atas lapisan waterproofing, kemudian di atasnya ditutup dengan filter fabric. Setelah itu, baru diberi lapisan tanah. 

  • Menyiapkan Media Tanam

Anda pilih media yang sesuai dengan jenis tanaman. Misalnya menggunakan tanah yang dicampur pupuk kandang. Selanjutnya, diletakkan pada pot, bak atau wadah bekas untuk menanam tanaman. 

Jika Anda ingin memaksimalkan semua lahan, maka setelah dilakukan waterproofing atap langsung dilapisi tanah agar bisa memuat banyak tanaman.  

  • Memilih Jenis Tanaman 

Jenis tanaman berikut dianjurkan untuk Anda tanam di atap, yaitu sayur dan buah organik seperti pepaya, mint, markisa atau kacang-kacangan. Selain itu, bisa juga menerapkan teknik hidroponik. Agar kebun semakin cantik, tambahkan beberapa tanaman bunga.  

  • Mengatur Tata Letak Tanaman

Peletakan tanaman sangat penting agar meningkatkan nilai estetika. Misalnya sebagian ditanam langsung di tanah, sebagian lagi di pot atau rak tanaman. 

  • Memperhatikan Kebutuhan Sinar Matahari

Sinar matahari berlebih justru akan membuat tanaman layu kemudian mati. Oleh karena itu, untuk mengatasinya bisa memasang kanopi transparan. 

Kebun di atap memiliki banyak fungsi, selain mempercantik rumah, Anda bisa menciptakan lingkungan yang asri sehingga cocok untuk bersantai sambil minum teh atau kopi. Selain itu,  untuk menyalurkan hobi  bagi yang suka berkebun dan lain-lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *