Cara Membuat Kebun Sayur Sederhana Di Rumah

Cara Membuat Kebun Sayur Sederhana Di Rumah

Biasanya menanam sayur hanya bisa dilakukan oleh petani yang memiliki sawah. Anda jangan khawatir, meskipun tidak memiliki sawah namun tetap bisa berkebun di rumah. Aktivitas berkebun ini memiliki dampak positif  karena dapat mengurangi stres dan merangsang timbulnya rasa tenang. 

Anda dapat menikmati sayuran segar yang dipetik secara langsung dan tidak mengandung pestisida. Dengan demikian, Anda lebih menghemat uang belanja dan transportasi karena tidak perlu pergi ke supermarket atau pasar. 

Cara Membuat Kebun Sayur Sederhana

  • Memilih Lokasi Yang Cocok

Lokasi yang digunakan untuk menananm sayuran harus memperhatikan apek pencahayaan dan kondisi tanah. Sayuran membutuhkan cahaya matahari yang cukup untuk tumbuh optimal, yaitu minimal 6 jam per hari. 

Kondisi tanah yang sesuai adalah lembab dan sistem pengairannya bagus. Sebaiknya, jika dijumpai batu atau kerikil Anda singkirkan. Hindari menanam sayur di tempat yang berangin kencang karena  bisa mengganggu  penyerbukan maupun pertumbuhan. 

  • Ukuran Kebun Kecil

Anda disarankan untuk memulai membuat kebun sayur berukuran kecil. Luasnya bisa disesuaikan dengan lahan di sekitar rumah.

  • Pilih Jenis Sayur Yang Mudah Ditanam

Beberapa jenis sayur yang mudah dalam penanaman maupun perawatannya antara lain cabai, daun bawang, tomat, bayam, selada, kangkung, mentimun, seledri dan kacang panjang. 

Sayuran tersebut direkomendasikan karena umurnya pendek sehingga waktu panennya cepat. Anda pilih sayuran yang disukai semua anggota keluarga dan paling sering dibutuhkan. 

Jumlah tanaman disesuaikan dengan kebutuhan, kecuali jika Anda ingin menjualnya atau sebagian diberikan kepada sanak saudara dan tetangga. 

Bibit sayuran dipilih yang berkualitas bagus dan siap tanam. Bibit dalam bentuk biji  memang harganya lebih murah, namun memiliki resiko lebih tinggi karena bisa jadi biji tidak berkecambah. 

  • Perhatikan Waktu Paling Baik Untuk Menanam 

Waktu tanam terbaik untuk kangkung, kacang panjang, mentimun dan bayam adalah ketika musim hujan. Sedangkan, di musim kemarau sangat cocok untuk ditanami jagung, labu, tomat dan kacang tanah. 

Membuat kebun sayur yang sederhana sangat mudah bukan? Kehadirannya memberi banyak manfaat untuk memenuhi kebutuhan bahan pangan sehari-hari. Dengan demikian, Anda lebih menghemat pengeluaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *