Luas Terbatas? Intip Yuk Ide Kebun Rumah Yang Bisa Dicoba!

Luas Terbatas? Intip Yuk Ide Kebun Rumah Yang Bisa Dicoba!

Kehadiran kebun di rumah memberi banyak dampak positif bagi kehidupan. Salah satunya dapat menciptakan udara segar. Banyak cara untuk mewujudkan impian Anda memiliki kebun meskipun lahan yang tersedia benar-benar terbatas. Anda bisa mencoba beberapa ide berikut. 

Ide Berkebun Di Lahan Terbatas

  • Kebun Kecil Dilengkapi Meja Dan Kursi

Bagian tengah kebun ini didesain kosong sehingga bisa diberi kursi dan meja. Sedangkan, tanamannya disusun rapi di dekat dinding. Selain itu, beberapa tanaman vertikal kecil menjadi hiasan dinding sehingga semakin mempercantik pemandangan. 

  • Kebun Rumah Menggunakan Tanaman Merambat Dan Lampu Cantik

Ide berkebun yang satu ini sangat unik dengan kehadiran lampu tumblr kuning dan tanaman merambat di setiap sudutnya. Beberapa tanaman yang sering dipakai adalah tanaman dolar atau cincau.

Saat tanaman sudah lebat, Anda bisa memanfaatkan daun cincau untuk dijadikan hidangan.  Kebun ditambahkan karpet atau tikar untuk tempat duduk bersantai bersama keluarga.

  • Kebun Rumah Hidroponik

Bagi Anda yang mendambakan mempunyai tanaman sayur di rumah, cara ini bisa dicoba. Sistem hidroponik tidak membutuhkan media tanah melainkan air sehingga tidak memerlukan tempat yang luas. 

Anda dapat menggantungkannya pada dinding atau menyusun bertingkat pada rak dinding. Tanaman yang direkomendasikan antara lain kangkung, sawi hijau, bayam, cabai, tomat, selada hijau, brokoli dan lain-lain. 

  • Kebun Rumah Mini Kaktus

Anda bisa mengkreasikan kaktus dengan memadukannya dengan berbagai jenis batuan untuk diletakkan di kebun. Ukurannya yang kecil tentu tidak akan memakan banyak tempat. Konsep ini cocok diterapkan pada rumah bergaya mediterania dan minimalis.  

  • Kebun Rumah Berlahan Sempit

Berkebun tidak selalu membutuhkan tanah seperti kebun rumah vertikal. Anda cukup menyediakan papan untuk menggantungkan pot-pot tanaman dan bunga hias yang membuat kebun semakin cantik. 

Selain itu, Anda bisa memanfaatkan botol-botol bekas untuk digantungkan pada langit-langit. Bentuk kebun seperti ini cocok untuk diaplikasikan pada bagian loteng atau rumah  semi-outdoor. 

Membuat kebun rumah di lahan yang terbatas sangatlah mudah. Banyak referensi ide kreatif yang bisa Anda terapkan. Anda juga bisa memadukan beberapa ide menjadi satu sehingga terbentuk kebun yang cantik di rumah Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *