Ingin Bikin Perpustakaan Mini di Rumah Perhatikan 4 Hal Ini

Ingin Bikin Perpustakaan Mini di Rumah Perhatikan 4 Hal Ini

Apakah Anda memiliki impian mendirikan sebuah perpustakaan di rumah sendiri? Tenang saja, siapapun bisa kok untuk mewujudkan impian ini! Jika Anda adalah salah satu dari sekian orang yang memiliki keinginan mempunyai perpustakaan di rumah, Anda bisa memulainya dengan membuat sebuah perpustakaan mini.

Namanya juga baru memulai, jadi Anda tidak harus membuat perpustakaan dalam konsep ruang yang besar. Manfaatkan saja ruang yang ada di rumah Anda dan ubah itu menjadi sebuah perpustakaan mini versi Anda. Adanya perpustakaan mini atau home library bisa meningkatkan semangat Anda dalam membaca  buku dan memperindah rumah Anda.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Membuat Perpustakaan Mini di Rumah

Ada 4 hal yang setidaknya perlu Anda perhatikan dalam membuat sebuah perpustakaan mini di dalam rumah, apa sajakah itu?

  1.     Tata Buku dengan Rapi

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah, pastikan Anda menata buku di dalam perpustakaan menjadi lebih rapi dan teratur. Anda bisa menatanya dengan membaginya dalam beberapa kategorisasi.

  1.     Kelompokkan Koleksi Sesuai dengan Preferensi

Langkah kedua adalah, Anda bisa menempatkan semua koleksi buku Anda pada rak dengan mengelompokkannya atau mengkategorisasikannya. Misal, Anda bisa menyusunnya sesuai dengan genre buku, tebal halamannya atau nama penulis bukunya.

  1.     Simpan Buku yang Sering Dibaca di Tempat yang Terjangkau

Agar memudahkan Anda yang hobi membaca buku dengan genre tertentu, ada baiknya jika Anda mengatur tempat tersendiri pada jenis buku yang mungkin sering Anda baca. Cara ini memudahkan Anda untuk menemukan buku yang Anda suka dan ingin dibaca kembali sehingga Anda tidak perlu membongkar-bongkar rak buku yang lain.

  1. Buatlah Catatan Peminjaman

Entah perpustakaan mini ini terbuka untuk umum atau hanya terbuka untuk keluarga saja, ada baiknya jika Anda membuat sebuah catatan peminjaman. Dengan adanya catatan ini, maka jika ada buku yang hilang dari perpustakaan, maka Anda bisa mengetahui siapa saja yang meminjamnya.

Mudah sekali bukan membuat perpustakaan mini di rumah? Jangan lupa, selalu kembalikan buku yang Anda baca pada tempatnya lagi. Selalu bersihkan perpustakaan juga minimal dua minggu sekali agar buku tidak mudah berdebu. Selamat mencoba membuat perpustakaan di rumah!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *