Percantik Rumah dengan Rak Barang, Pilih Besi atau Kaca?

Percantik Rumah dengan Rak Barang, Pilih Besi atau Kaca?

Rak memiliki fungsi ganda, yaitu untuk menyimpan berbagai barang agar tertata rapi sekaligus  menjadi penghias ruangan. Jenis material penyusunnya beragam, misalnya besi dan kaca. Yuk intip karakteristik serta kelebihan dari masing-masing jenis rak tersebut!

Kelebihan Rak Barang Berbahan Besi dan Kaca

  • Rak Besi

  • Lebih Kuat

Besi memiliki sifat paling kuat dibandingkan material rak lainnya, seperti kayu maupun kaca. Terbukti rak tersebut mampu menampung beban berat dalam jumlah yang banyak.  

  • Lebih Tahan Lama

Besi tidak mudah mengalami pelapukan dan tahan terhadap rayap. Berbeda dengan kayu yang mudah lapuk dan hancur dimakan rayap. Dengan demikian, rak berbahan besi lebih awet dan bertahan hingga bertahun-tahun.  

Meski demikian, rak besi bisa berkarat, namun Anda jangan khawatir karena hal ini dapat diatasi dengan membersihkan secara teratur dan melakukan pengecatan ulang. Cara ini terbukti mampu menghilangkan karat, sehingga rak tampak cantik kembali. 

  • Model dan Fungsinya Beragam

Model yang tersedia di pasaran sangat banyak ada yang berukuran kecil dan besar. Anda bebas memilih sesuai dengan kebutuhan dan budget. Fungsinya pun bermacam-macam, yaitu sebagai rak buku, tempat sepatu, dan lain-lain. 

  • Fleksibel

Rak juga bersifat fleksibel, sehingga cocok digunakan di mana saja, baik di rumah, toko maupun kantor. Modelnya yang beragam mempermudah Anda untuk mendapatkannya.

  • Rak Kaca

Alasan utama kaca banyak digunakan untuk rak adalah karena bersifat transparan dan tampilannya lebih modern. Selain itu, tidak mengalami korosi atau berkarat, sehingga perawatannya jauh lebih mudah dan tahan lama karena aman dari serangan rayap. 

Namun, sayangnya kaca tidak bisa menahan beban yang berat, sehingga bahan yang digunakan harus tebal dan membutuhkan penyokong yang kuat agar bisa difungsikan sebagai rak. Dari segi kekuatannya, rak kaca gampang pecah jika terkena benturan keras. Oleh karena itu, Anda harus lebih berhati-hati dalam meletakkannya.

Baik rak besi maupun kaca semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Keduanya sama-sama dapat mempercantik penampilan rumah Anda. Apapun pilihannya yang terpenting adalah Anda harus selalu merawatnya dengan baik agar bisa dimanfaatkan dengan maksimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *