Pentingnya Sekat Pemisah Antar Ruangan Untuk Jaga Privasi Di Rumah

Pentingnya Sekat Pemisah Antar Ruangan Untuk Jaga Privasi Di Rumah

Pada rumah minimalis, kehadiran dinding dirasa kurang efektif karena ruangannya yang terbatas. Oleh karena itu, solusinya adalah menggunakan sekat pemisah antar ruangan, sehingga privasi di rumah Anda tetap terjaga. 

Fungsi Sekat Pemisah Antar Ruangan

  • Pemisah Ruangan 

Sekat bersifat lebih fleksibel dibandingkan dinding karena bahan yang digunakan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Posisinya juga bisa dirubah kapan pun. Berbeda dengan dinding yang dibangun menggunakan semen, pasir, dan batu, sehingga sifatnya permanen. 

Sebelum memasang sekat, alangkah baiknya jika Anda tentukan terlebih dahulu fungsi utama dari ruangan tersebut. Misalnya apakah akan digunakan untuk ruang tamu, ruang makan, ruang keluarga atau yang lainnya. 

  • Memberikan Privasi

Setelah Anda mengetahui fungsi setiap ruangan, kini saatnya Anda optimalkan sekat untuk menciptakan privasi. Caranya, Anda atur lebar dan luas ruangan menggunakan sekat agar tidak terlalu terbuka lebar. Dengan demikian, akan memberi kenyamanan dan privasi karena ruangan lebih terlindungi. 

  • Menghiasi Ruangan

Desain interior rumah Anda akan semakin cantik dan menarik dengan memasang sekat pembatas. Hal ini dikarenakan bahan penyusunnya bermacam-macam, ada yang dari kayu, rotan, kaca, kain, dan lain-lain. 

Modelnya pun bervariasi seperti folding panel yang bisa dilipat atau tipe mobile, sehingga bisa dipindahkan dengan mudah karena di bagian bawahnya terdapat roda. Selain itu, bisa menggunakan model berbentuk seperti tirai. 

  • Menutupi Berbagai Kekurangan

Di setiap rumah tentu ada sisi yang tidak ingin ditampakkan kepada orang lain. Misalnya di kolong tangga yang difungsikan sebagai gudang. Anda siasati dengan menutup ruangan tersebut menggunakan sekat, sehingga struktur rumah tampak ideal dan tidak berantakan.  

  • Peredam

Anda aplikasikan sekat pada pantry, sehingga dapat meredam hawa panas, kebisingan, bau tidak sedap, dan asap yang muncul dari dapur. Jika diletakkan di kamar mandi yang menggunakan shower, maka dapat meredam kelembaban, sehingga area wastafel dan kloset tetap kering. 

Setiap orang membutuhkan privasi, adanya sekat pemisah membantu Anda merealisasikannya. Misalnya, saat ada tamu Anda tetap bisa beraktivitas dengan leluasa. Dengan demikian, membuat semua penghuni rumah merasa lebih nyaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *