Kebiasaan Baik untuk Menjaga Kebersihan Rumah

Kebiasaan Baik untuk Menjaga Kebersihan Rumah

Menjaga kebersihan rumah merupakan tanggung jawab yang diemban oleh seluruh anggota keluarga, termasuk Anda. Agar rumah selalu bersih, diperlukan kesadaran diri dan kerjasama dari masing-masing individu. Hal ini sangat mudah dilakukan jika Anda memiliki 6 kebiasaan baik dalam menjaga kebersihan rumah. Apa sajakah itu?

Kebiasaan Baik agar Rumah Tetap Bersih dan Sehat

  • Merapikan Tempat Tidur Setiap Hari

Lagu ‘Bangun Tidur’ adalah salah satu lagu yang paling sering didendangkan ibu untuk mengingatkan anaknya dalam menjaga kebersihan kamar. Jika setiap orang melakukan kebiasaan ini hingga dewasa, secara otomatis kebersihan di dalam rumah akan tetap terjaga. Apakah Anda juga melakukan kebiasaan ini di pagi hari?

  • Bersih-Bersih Rumah di Setiap Malam

Bagi Anda yang memiliki pekerjaan super sibuk dari pagi hingga sore, Anda bisa menyempatkan aktivitas bersih-bersih di malam hari. Durasi waktu yang digunakan cukup 15 menit saja. Tentu saja waktu yang singkat ini tidak menjangkau semua sudut ruangan, tetapi setidaknya Anda sudah menyelesaikan membersihkan satu ruangan secara maksimal. 

  • Mencuci Piring Selesai Makan

Kebiasaan sederhana yang sangat membantu Anda untuk menciptakan rumah bersih dan sehat adalah mencuci piring selesai makan. Kegiatan ini akan menghindarkan dari menumpuknya piring, sehingga ruang dapur terlihat kurang rapi. 

  • Mencuci Baju Setiap Hari 

Mencuci baju biasanya dilakukan setiap 1 minggu sekali karena alasan lebih hemat energi dan biaya. Namun, sebenarnya jika kegiatan ini dilakukan setiap hari, justru membuat tenaga Anda lebih ringan dan tidak menumpuk baju kotor di rumah, sehingga rumah akan tetap bersih dan nyaman. 

  • Membersihkan Dapur dan Meja Makan Setelah Digunakan

Selesai memasak dan makan, sebaiknya Anda langsung membersihkannya segera agar ruang dapur dan meja makan selalu dalam kondisi bersih. Ketika masih ada piring kotor atau sisa makanan yang menempel, tentu saja semut dan binatang lainnya akan segera menghampiri. 

  • Melepas Alas Kaki Saat Masuk ke Rumah

Anda juga jangan meninggalkan kebiasaan untuk selalu melepas sandal dan sepatu saat memasuki rumah. Jika memang terbiasa menggunakan alas kaki, bergantilah dengan sandal khusus di dalam rumah dari bahan yang lembut. 

Kebiasaan baik dalam menjaga kebersihan rumah harus dimulai dari kesadaran diri sendiri dan semua anggota keluarga. Kebiasaan ini biasanya sudah diajarkan sedari kecil, sehingga tetap terbawa hingga dewasa. Kebiasaan manakah yang sudah Anda jalankan dari penjelasan di atas?

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *