Tips Cerdik Membuat Rumah Idaman Anda Selalu Bersih

Tips Cerdik Membuat Rumah Idaman Anda Selalu Bersih

Virus Corona yang saat ini mewabah dan menjangkiti seluruh negara di dunia memberikan banyak pelajaran hidup, khususnya pentingnya menjaga kesehatan. Bukan hanya kesehatan tubuh, tetapi juga termasuk lingkungan dan rumah Anda. Apakah Anda sudah memastikan kondisi rumah selalu bersih? Yuk, simak tips menjaga rumah selalu bersih dengan hal-hal kecil! 

Tips Mudah Membuat Hunian Selalu Bersih

  • Membedakan Ruangan Umum dan Pribadi 

Memberikan sekat antara ruang umum dan pribadi menjadi bagian yang penting untuk menjaga kebersihan rumah. Bagian untuk publik atau ruang umum biasanya terpusat pada ruang tamu. Ketika ada tamu yang berkunjung, tentu saja ruang tamulah yang akan kotor. 

Namun, jika tidak Anda tidak memisahkan ruang tamu dan ruang privasi di dalam rumah, ada kemungkinan orang luar bisa mengakses semua area, sehingga semua area menjadi kotor. Hal ini biasanya akan terlihat jika tamu yang datang adalah sanak saudara Anda. Benar, bukan? 

  • Membuang Barang yang Tidak Diperlukan

Memiliki rumah yang bersih sudah selayaknya dipenuhi dengan barang yang diperlukan saja. Anda tidak diperbolehkan menumpuk barang hanya karena ‘sayang untuk dibuang’. Pilihlah barang-barang yang benar-benar multifungsi, sehingga ruangan Anda juga tampak lebih luas dan enak dipandang. 

  • Melakukan Hal Kecil Sederhana Secara Konsisten

Kegiatan paling simple yang dipastikan bisa membuat rumah Anda selalu bersih adalah melakukan hal-hal kecil yang dikerjakan secara konsisten. Misalnya saja, mencuci piring setelah makan, mencuci baju setiap hari, menyapu dan mengepel lantai, hingga kegiatan lainnya. Agar tidak memberatkan, Anda bisa membuat jadwal bersih-bersih rumah untuk seluruh anggota keluarga. 

  • Memasang 2 Keset agar Lantai Tidak Cepat Kotor

Aktivitas yang intens di dalam rumah kadangkala membuat lantai mudah kotor. Apalagi jika Anda atau anak-anak sering keluar masuk rumah tanpa menggunakan alas kaki. Untuk meminimalisir lantai yang kotor, Anda bisa memasang 2 keset yang diletakkan di depan pintu dan balik pintu. 

  • Meletakkan Peralatan Dapur Sesuai Kebutuhan

Para ibu-ibu biasanya sangat suka mengoleksi peralatan dapur, bahkan membeli barang sejenis meskipun barang lama belum sempat digunakan. Hal inilah yang membuat dapur Anda tidak rapi dan lebih mudah kotor. Maka, untuk mencegah hal ini, letakkan peralatan dapur secukupnya saja dan simpan barang lainnya ke gudang atau ke dalam lemari kabinet dapur. 

Menjaga kebersihan rumah merupakan hal yang tidak sulit untuk dilakukan. Sebab, semua dimulai dari tindakan kecil yang dilakukan secara konsisten dan penuh kesadaran. Ketika rumah menjadi bersih, hati dan pikiran pun pasti lebih tenang, senang, serta energi positif selalu menyelimuti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *