Tips Membangun Rumah Hemat Energi

Tips Membangun Rumah Hemat Energi

Baru-baru ini berita di media sosial dihebohkan dengan keluhan masyarakat mengenai melonjaknya tagihan listrik selama pandemi. Hal ini tentu saja disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya konsumsi listrik masyarakat semakin meningkat. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena masih bisa melakukan beberapa cara agar rumah yang dihuni lebih hemat energi. Simak ulasannya!

5 Cara Membangun Rumah yang Hemat Energi

  • Plafon Rumah Dibuat Lebih Tinggi

Saat merasa kegerahan di dalam rumah, Anda pasti langsung menyalakan kipas angin atau AC sebagai solusinya. Namun, apakah Anda tidak capek melakukannya setiap hari? Sebenarnya, solusi yang tepat adalah sebelum membangun rumah, pastikan bagian plafonnya dibuat lebih tinggi, sehingga udara bisa masuk ke dalam rumah. 

Ketika sirkulasi udara di dalam rumah baik, maka Anda tidak akan sesering mungkin menyalakan kipas angin maupun AC. Menyalanya kedua benda elektronik tersebut tentu saja membuat tagihan listrik lebih besar karena daya yang digunakan juga besar. 

  • Penggunaan Panel Surya

Cara yang paling ampuh dalam menghemat energi listrik dalam rumah adalah penggunaan panel surya. Pemanfaatan panel surya ini bersumber dari matahari dan sangat membantu pengurangan pemakaian daya listrik dari PLN. Namun, untuk memiliki panel surya, Anda harus mengeluarkan biaya cukup besar dan memiliki pengetahuan tentang pemeliharaan dan perawatannya. 

  • Mematikan Semua Peralatan Beraliran Listrik Setelah Digunakan

Tindakan disiplin mematikan benda elektronik dalam rumah setelah digunakan adalah salah satu cara dalam menghemat energi. Kebiasaan ini secara signifikan akan membuat tagihan listrik Anda lebih murah. 

  • Memilih Produk yang Hemat Energi

Saat ini, hampir semua teknologi di era milenial semakin canggih hingga membuat tagihan listrik di rumah lebih sedikit, Misalnya saja lampu LED, TV LED, dan sebagainya. Pemakaian produk elektronik hemat energi akan memberikan banyak manfaat untuk Anda dan keluarga. 

  • Jumlah Jendela Harus Mencukupi

Agar Anda tidak sering menyalakan lampu, pastikan untuk memasang jendela dengan jumlah yang cukup. Sebab, selain sirkulasi udara akan membaik, cahaya dari matahari bisa menerangi bagian dalam rumah tanpa menyalakan lampu di siang hari. 

Menciptakan sebuah rumah ramah lingkungan dan hemat energi mulai banyak dilakukan oleh generasi muda. Hal ini sebagai bentuk kepedulian terhadap pemakaian sumber daya energi yang semakin besar, tetapi endapan energi dari alam sudah mulai menipis. Anda sebagai generasi milenial, sudah melakukan upaya apa saja untuk membangun rumah hemat energi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *