7 Cara Ini Bantu Anak Anda Lebih Fokus Saat Belajar di Rumah

7 Cara Ini Bantu Anak Anda Lebih Fokus Saat Belajar di Rumah

Kebosanan akibat pandemi Covid-19 tidak hanya menimpa para pekerja aktif, tetapi juga para murid di semua jenjang pendidikan. Pemerintah telah memberikan instruksi bahwa kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring (online). Seringkali kegiatan ini membuat anak susah fokus dan lebih asyik bermain. Tetapi, sebagai orang tua Anda patut mencoba 7 tips berikut!

7 Tips Membuat Anak Fokus Belajar Ketika di Rumah

  • Suasana yang Tercipta Harus Tenang dan Menyenangkan

Anak-anak cenderung menyukai kondisi belajar yang tenang agar lebih bisa berkonsentrasi. Anda harus menghindarkan hal-hal yang bisa menjadi pengganggu, misalnya suara TV, radio, dan sebagainya. Namun, pastikan juga anak merasa senang ketika belajar di tempat yang sudah Anda siapkan. 

  • Ikuti dan Temani Anak Saat Belajar

Sebaiknya, Anda juga turut serta dan menemani anak selagi belajar. Tidak harus ditunggui dari awal sampai akhir, tetapi Anda bisa melakukan kegiatan lain sambil memperhatikannya saat belajar. Hal ini juga dapat mempererat hubungan antara orang tua dan anak. 

  • Mengatur Lingkungan Belajar 

Penataan lingkungan belajar juga sangat diperlukan agar anak lebih fokus dan berkonsentrasi belajar. Pastikan pula kondisi di sekitar tempat belajar sudah bersih dan rapi. Usahakan untuk menghindari ruang TV sebagai tempat belajar.

  • Memberikan Target Belajar

Durasi waktu belajar daring biasanya lebih pendek daripada ketika belajar di sekolah. Anda bisa memberikan target waktu sesuai dengan porsinya. Misalnya saja, untuk anak TK/SD sekitar 10 hingga 15 menit saja, sedangkan untuk anak SMP hingga SMA paling lama 30 menit. 

  • Berikan Waktu Bermain yang Cukup

Usia anak-anak hingga remaja pasti membutuhkan waktu bermain. Hal ini sangat wajar mengingat bermain mampu mengembalikan mood dan energi positif dalam diri anak. Anda harus memberikan waktu seimbang antara belajar dan bermain. Jika perlu, buatlah kesepakatan bersama terkait hal ini. 

  • Memperhatikan Anak Saat Belajar

Anda juga wajib memperhatikan setiap gerak-gerik anak ketika belajar. Jika dia sudah fokus terhadap materi yang dipelajari, jangan mengganggunya dengan hal kurang penting. Namun, ketika anak merasa kebingungan, Anda bisa langsung mendampinginya sejenak.

  • Mendorong Keaktifan Anak Saat Belajar

Sikap proaktif sangat diperlukan ketika anak sedang belajar daring di rumah. Baik belajarnya hanya sekedar tanya jawab via chat atau tatap muka online, Anda harus memberikan stimulus agar anak lebih sering bertanya tentang kebingungan materi yang didapatkan. 

Membuat anak fokus belajar saat di rumah mungkin bisa dikatakan susah sekaligus gampang. Mood anak yang seringkali mudah bosan menjadi tantangan sendiri bagi para orang tua untuk mencari cara paling tepat dalam mengatasinya. Dari 7 cara di atas, manakah yang sudah Anda terapkan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *