8 Tips Sulap Dapur Rumah yang Sempit jadi Terlihat Luas

8 Tips Sulap Dapur Rumah yang Sempit jadi Terlihat Luas

Kondisi dapur yang terlihat luas dan rapi, tentu akan menambah rasa senang ketika memasak. Maka dari itu, mulailah menerapkan beberapa tips untuk menyulap dapur rumah yang sempit agar terlihat lebih luas. Dengan begitu, Anda bisa bebas bergerak saat sedang memasak.

Tips Sulap Dapur Rumah yang Sempit

Dapur rumah yang tergolong luas, tentu menjadi idaman para ibu rumah tangga. Apalagi jika kondisi dapur tertata rapi, lengkap dengan warna cat dinding yang sesuai dengan kesukaan. Pastinya Anda akan betah berlama-lama di dapur.

  • Amati Kondisi Dapur Sekarang

Amati kondisi dapur sekarang, secara keseluruhan. Hal ini bertujuan untuk mengetahui bagian mana yang harus diubah dan dihilangkan. Bila ada peralatan dapur yang perlu ditambah, segera catat dan posisikan letak penyimpanannya, sehingga dapur tampak lebih luas dan rapi.

  • Pilih Perabotan Ukuran Kecil

Ukuran dapur yang tergolong minimalis, harus diisi dengan perabotan yang berukuran kecil. Tujuannya agar perabotan tersebut tidak memakan banyak ruang. Sepertinya halnya meja dan kursi makan, Anda bisa memilih yang berukuran 35×35 cm, sehingga tidak akan membuat dapur menjadi lebih sempit.

  • Atur Tata Letak Peralatan Dapur

Pengaturan tata letak peralatan dapur, wajib dipikirkan matang-matang. Hal ini bertujuan agar tidak memakan banyak tempat. Untuk peralatan yang berukuran kecil bisa diletakan di meja makan atau dekat tempat cuci piring. Kemudian untuk meja makan dan kompor letakan dalam jarak dekat, tujuannya agar memudahkan penyajian.

  • Gunakan Rak Gantung

Penggunaan rak gantung tidak akan memakan banyak tempat di dapur. Sehingga Anda bisa menaruh peralatan penggorengan di rak gantung tersebut, mulai dari panci, oven, wajan, hingga pan memasak. Cara ini terbukti dapat membuat dapur Anda terlihat luas, lho.

  • Gunakan Sudut Tempat Cuci Piring

Ruang di sudut tempat cuci piring dapat Anda manfaatkan untuk mengeringkan barang yang masih basah. Tips ini bertujuan agar air tidak menetes di rak penyimpanan barang, sehingga membuat kondisi rak menjadi awet dan terlihat rapi.

  • Selalu Tambahkan Jendela¬†

Jangan biarkan dapur Anda pengap dan menyeramkan, karena dapat menimbulkan kesan ruangan sempit. Tambahkan minimal satu jendela agar memudahkan pergantian udara ketika Anda sedang memasak. Tidak hanya itu dengan adanya jendela, dapat membuat cahaya mudah masuk, sehingga akan menghemat listrik.

  • Lepas Pintu Dapur

Saat ini banyak dapur yang terlihat lapang tanpa penggunaan pintu. Bila Anda terlanjur menggunakan pintu, segera copot agar tidak memakan banyak tempat. Dengan begitu Anda bebas keluar masuk dapur, tanpa ribet kesenggol pintu dan tentunya dapur Anda akan terlihat lebih luas dari sebelumnya. 

  • Hindari Penambahan Hiasan

Hindari penambahan hiasan di dinding agar dapur tidak terkesan sempit dan ramai. Hiasan tersebut akan memakan banyak ruang di dinding. Oleh sebab itu,  ganti hiasan tersebut dengan rak gantung yang dapat digunakan untuk menyimpan barang.

Bagi Anda yang berprofesi sebagai koki, pasti ingin memiliki dapur luas dan rapi. Namun bila ruangan dapur tergolong sempit, Anda dapat menyulapnya menjadi luas. Caranya dengan menerapkan beberapa tips mudah untuk menyulap dapur seperti di atas agar dapur terlihat lebih luas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *