9 Tips Menata Rumah Kecil Supaya Selalu Rapi

9 Tips Menata Rumah Kecil Supaya Selalu Rapi

Kegiatan menata rumah kecil wajib dilakukan dengan sebaik mungkin. Hal ini bertujuan agar rumah tersebut tidak terasa sesak, karena tidak tepat dalam menaruh berbagai macam perabotan. Oleh sebab itu, Anda wajib mengetahui tips jitu dalam menata rumah kecil agar tampak luas dan terlihat rapi, sehingga akan membuat Anda dan keluarga betah di rumah.

Tips Menata Rumah Kecil

Bagi para ibu rumah tangga, harus cermat dalam membeli perabotan. Khususnya bagi yang memiliki rumah kecil. Hal ini bertujuan agar perabotan tersebut tidak membuat sesak ruangan, sehingga rumah tampak lebih rapi dan luas.

  • Kembalikan Barang di Tempatnya

Ketika selesai menggunakan suatu barang, usahakan untuk mengembalikannya di tempat asalnya. Hal ini bertujuan agar barang-barang tersebut tidak berserakan di mana-mana. Oleh sebab itu, posisikan semua barang dalam penyimpanan tetap, sehingga akan memudahkan Anda untuk mengingat lokasi penyimpanan setiap barang yang ada di dalam rumah.

  • Rutin Membersihkan Rumah

Bersihkan rumah Anda secara teratur agar terlihat lebih bersih dan rapi. Kegiatan bersih-bersih tersebut, meliputi mengelap perabotan, menyapu lantai, membersihkan kamar mandi, hingga mencuci baju kotor. Bila seorang karyawan, Anda bisa melakukan kegiatan bersih-bersih tersebut di akhir pekan. 

  • Beli Perabotan sesuai Kebutuhan

Perabotan sangat penting untuk mempercantik tampilan rumah. Namun, belilah perabotan sesuai dengan kebutuhan. Tujuannya agar rumah kecil Anda tidak terasa penuh dan sesak. Kemudian tempatkan perabotan tersebut, secara tepat.

  • Menata Perabotan secara Tepat

Tempatkan perabotan yang telah Anda beli di posisi tepat. Misalnya, meja dan kursi, Anda bisa rapatkan kursi di dinding, kemudian pilih meja yang memanjang. Tujuannya agar tidak terlalu banyak memakan ruang. Kondisi ini akan sangat membantu Anda untuk membuat rumah tampak lebih rapi.

  • Batasi Penggunaan Sekat

Perlu Anda ketahui, bahwa sekat akan membuat ruangan menjadi sempit. Untuk lebih mudahnya membedakan setiap ruangan, Anda bisa menggunakan perbedaan cat dan motif keramiknya, sehingga tidak perlu menggunakan sekat antar ruangan lagi.

  • Pasang Wallpaper Dinding

Pemasangan wallpaper dinding akan menambah kesan rapi dalam rumah. Usahakan untuk memilih warna dan motif yang sesuai dengan konsep rumah. Begitu juga dengan pemilihan warna perabotan rumah, sehingga dapat membuat rumah kecil Anda menjadi lebih menarik lagi.  

  • Buat Ruangan Multifungsi

Kepemilikan rumah kecil, bisa disiasati dengan membuat ruangan multifungsi. Misalnya, menggabungkan ruang cuci baju dengan jemuran. Kondisi ini sangat bermanfaat dalam membuat rumah tampak lebih luas. Tidak hanya itu, Anda bisa lebih mudah dalam menata rumah.

  • Perhatikan Sirkulasi Udara

Kondisi rumah sehat, pasti memiliki sirkulasi udara yang baik, sehingga rumah bisa terbebas dari udara lembab. Maka dari itu, jangan pernah menempatkan perabotan yang bisa mengganggu sirkulasi udara. Tujuannya agar udara dapat keluar masuk secara bebas. Pastinya Anda tidak mau bila memiliki rumah lembab dan tidak sehat, bukan?

  • Penggunaan Ornamen

Penggunaan ornamen etnik, akan membuat rumah tampak lebih cantik. Namun dalam menempatkan ornamen, usahakan sesuai dengan konsep yang digunakan dalam rumah Anda. Hal ini bertujuan agar rumah kecil Anda terlihat lebih menarik lagi.

Tips menata rumah kecil ternyata sangat mudah untuk diterapkan. Bila penataan rumah tersebut berhasil dilakukan, pasti akan tampak lebih luas dan rapi. Oleh sebab itu, jangan pernah malas untuk merapikan rumah Anda. Tujuannya agar seluruh anggota keluarga bisa betah di rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *