Awas, 4 Barang di Dapur Ini Bisa Meracuni Seisi Rumah

Awas, 4 Barang di Dapur Ini Bisa Meracuni Seisi Rumah

Penghuni rumah wajib menjaga keamanan dan kebersihan seisi rumah. Dapur dapat menyimpan berbagai macam racun dan bakteri. Racun tersebut tidak hanya dikarenakan kondisi yang kotor, namun bisa disebabkan karena perabotan yang Anda miliki. Perhatikan beberapa benda di dapur berikut yang dapat menimbulkan racun.

Teflon

Teflon merupakan salah satu alat masak yang paling umum digunakan. Hampir semua dapur di rumah pasti terdapat teflon. Namun, pada kenyataannya teflon mengandung bahan beracun yakni berupa anti lengket. Zat perfluorinated (PFC) merupakan kandungan racun yang dimiliki oleh teflon.

Apabila teflon tidak memiliki kualitas yang bagus, maka dapat membahayakan. Zat tersebut akan terkelupas dari permukaan teflon. Kemudian bercampur dengan makanan yang dimasak dengan teflon dan masuk ke dalam tubuh manusia.

Pembersih

Berbagai pembersih yang ada di dapur ternyata dapat menimbulkan racun. Pembersih yang ada di dapur diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Pembersih Oven

Pembersih ini memiliki kandungan natrium hidroksida(alkali). Kandungan tersebut merupakan bahan kimia yang bersifat korosif dan dapat menyebabkan luka bakar.

  • Pembersih Jendela

Pada umumnya pembersih jendela mempunyai kandungan bahan pelarut yang kuat yakni 2-butoxyethanol. Bahan tersebut mengakibatkan radang tenggorokan apabila terhirup.

  • Sabun Cuci

Kandungan bahan kimia pada sabun cuci juga dapat menjadi racun bagi tubuh manusia. Oleh karena itu, hati-hati lah saat menggunakan sabun cuci.

  • Pembersih Alami

Tidak hanya bahan kimia saja yang dapat membahayakan. Akan tetapi, pembersih alami juga ada yang menimbulkan resiko pada manusia. Misalnya pembersih dengan jeruk biasanya mengandung bahan d-limonene yang bisa menyebabkan iritasi kulit.

Aluminium Foil

Aluminium foil merupakan alat yang praktis untuk mengukus makanan. Akan tetapi, bahan pembuat aluminium dapat menyebabkan berbagai penyakit otak degeneratif. Penyakit otak yang biasa ditimbulkan oleh alat tersebut ialah Parkinson dan Alzheimer.

Makanan Kaleng

Makanan kaleng dapat bertahan lama, sehingga mengandung berbagai macam bahan pengawet. Makanan kaleng memiliki racun yang berasal dari wadahnya, yakni kaleng. Kandungan BPA(Bisphenol-A) pada makanan kaleng dapat mengakibatkan kanker payudara, depresi anak-anak, dan infertilitas.

Menjaga keamanan dan kebersihan dapur merupakan hal yang sangat penting. Anda harus selalu berhati-hati dalam menggunakan benda-benda yang ada di dapur. Hal tersebut bertujuan agar makanan olahan Anda tidak membahayakan tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *