Tips Beli Rumah Pertama untuk Generasi Milenial

Tips Beli Rumah Pertama untuk Generasi Milenial

Memiliki rumah pribadi merupakan impian banyak orang, termasuk generasi milenial. Apakah Anda termasuk generasi milenial yang belum memiliki rumah? Generasi milenial adalah mereka yang berusia 20 – 39 tahun dan masih sangat produktif. Membeli rumah pribadi bukan perkara yang mudah dan harus disiapkan secara matang.

Tips Beli Rumah Pertama untuk Generasi Milenial

Alasan Generasi Milenial Susah Membeli Rumah

Menurut badan pusat statistik (BPS), ada sekitar 90 juta jiwa penduduk Indonesia yang merupakan generasi milenial. Pasar properti di Indonesia menjadikan generasi milenial sebagai target utamanya. Akan tetapi, banyak faktor yang membuat generasi milenial susah untuk membeli rumah. Faktor penghambat yang paling utama ialah harganya yang mahal.

Rumah merupakan aset yang harganya relatif tinggi. Rata-rata penghasilan generasi milenial tidak cukup digunakan untuk membeli rumah. Banyak generasi milenial yang lebih memilih memanfaatkan uangnya untuk hal lain daripada untuk membeli rumah, seperti membeli mobil, tiket konser, dan lain-lain. Jadi mereka akan membeli rumah ketika sudah butuh, yakni di hari tua.

Tips Agar Generasi Milenial Dapat Membeli Rumah

Generasi milenial membutuhkan paduan atau tips agar segera dapat memiliki rumah pribadi. Berikut merupakan beberapa tips beli rumah pertama untuk generasi milenial:

  • Deposito/Menabung Emas

Ketika Anda ingin membeli rumah, tentunya Anda harus menabung terlebih dahulu. Akan tetapi, terkadang menabung merupakan hal yang sulit untuk dilakukan. Seringkali Anda akan tergiur menggunakan uang tabungan tersebut untuk hal lain. Dengan menabung emas, Anda tidak akan bisa menggunakan uang tersebut untuk keseharian.

  • Memilih Rumah Sesuai Kebutuhan

Harga rumah akan semakin mahal jika ukuran rumah semakin besar dan semakin strategis. Pilihlah rumah dan lokasi sesuai kebutuhan. Tidak perlu mewah karena setelah memiliki Anda bisa merenovasinya.

  • Cari DP Yang Bisa Dicicil

DP rumah biasanya sangat besar jumlahnya dan menjadi hambatan dalam membeli rumah. Oleh karena itu, Anda bisa mencari rumah yang DP-nya bisa dicicil agar beban dapat lebih ringan..

  • Memilih Tenor KPR Paling Panjang

Semakin panjang jangka waktu cicilan, maka besar cicilan akan semakin kecil. Hal tersebut akan memudahkan Anda dalam mencicil rumah.

Membeli rumah pribadi bagi generasi milenial merupakan sebuah tantangan. Pasalnya generasi milenial akan lebih sering menggunakan uangnya untuk bersenang-senang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *