Catat  6 Hal Ini Saat Hendak Renovasi Rumah Tua

Catat 6 Hal Ini Saat Hendak Renovasi Rumah Tua

Kondisi sebuah rumah tua terkadang tidak terlalu baik. Namun, merenovasinya juga merupakan hal yang tak mudah. Biasanya, budget renovasi rumah tua akan membengkak karena banyaknya material yang harus diganti atau diperbaiki. Hal ini tentu saja akan menjadi masalah jika Anda memiliki budget yang terbatas. Sehingga, Anda harus memperhatikan 6 hal ini saat renovasi rumah tua.

6 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Renovasi Rumah Tua

Agar renovasi rumah tua anda dapat berjalan sesuai budget dan hasilnya memuaskan, Anda perlu memperhatikan beberapa hal dalam melakukannya. 

  • Buat Skala Prioritas

Saat renovasi rumah tua, Anda harus membuat skala prioritas. Dengan demikian, kerusakan yang sudah parah dapat segera teratasi. Di sisi lain, material yang sebenarnya masih bagus tidak perlu diganti. Sehingga, Anda dapat menghemat budget renovasi rumah tua anda.

  • Gunakan Material yang Masih Baik untuk dipakai

Rumah tua biasanya memiliki material awet dari kayu jati, contohnya pintu, kusen, dan daun jendela, yang nampak lawas dan tidak menarik. Meski terlihat demikian, material ini tidak perlu diganti. Anda cukup memoles ulang dan material tersebut akan tampak lebih menarik. 

  • Ganti Lantai

Jika rumah tua anda memiliki lantai yang sudah rusak atau tidak menarik, Anda sebaiknya mengganti lantai tersebut. Penggantian lantai ini mungkin akan memakan biaya besar jika rumah anda berukuran besar. Namun, Anda dapat menyiasati hal ini dengan menggantinya dengan jenis lantai yang lebih terjangkau, misalnya lantai vinyl.

  • Ubah Fungsi Ruangan

Mengubah fungsi ruangan di rumah tua anda dapat menjadikan penataan ruangan rumah semakin efisien. Contohnya, jika ruang tamu berukuran kecil dan ada satu kamar kosong di sebelah ruang tamu, Anda dapat menyatukan kedua ruangan ini dan menciptakan ruang tamu yang lebih besar.

  • Ganti Sebagian Perabotan

Agar rumah tua anda tidak terlihat semakin kuno, Anda perlu mengganti sebagian perabotan lawas dengan yang lebih modern. Sehingga, interior rumah anda akan tampak lebih fresh dan menarik.

  • Gunakan Jasa Tukang Berpengalaman

Untuk hasil renovasi terbaik, Anda tentu harus memilih jasa tukang yang telah berpengalaman. Mereka pasti tahu apa yang perlu dilakukan untuk membuat rumah anda lebih cantik dan nyaman untuk dihuni.

Renovasi rumah tua memang tidak selalu mudah untuk dilakukan. Namun dengan memperhatikan hal-hal di atas, Anda akan mampu mengatasi segala kesulitan yang ada selama proses renovasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *