Pentingnya Kebersihan Soft Furniture Rumah Saat Pandemi

Pentingnya Kebersihan Soft Furniture Rumah Saat Pandemi

Pandemi Covid-19 mengakibatkan berbagai macam kegiatan di luar rumah menjadi terbatas. Banyak perusahaan yang mengeluarkan kebijakan berupa work from home. Bahkan sekolah pun juga dilakukan secara daring. 

Kegiatan di dalam rumah juga dapat menambah resiko terhadap bahaya yang tak terlihat, yakni debu yang ada pada soft furniture. Pada umumnya, dalam soft furniture terdapat hewan tungau yang dapat menyerang manusia.

Bahaya Soft Furniture Yang Tidak Bersih

Tungau adalah salah satu hewan mikroskopik yang biasanya menyerang sel kulit pada manusia. Banyak kegiatan yang dilakukan di rumah, tentunya meningkatkan kontak dengan soft furniture seperti sofa, kasur, dan karpet. Soft furniture merupakan tempat tungau untuk bersarang dan berkembangbiak.

Meskipun hewan ini tidak terlalu berbahaya, namun hewan ini tetap merugikan manusia. Kotoran tungau dan gigitannya dapat menimbulkan zat pemicu alergi (allergen). Biasanya allergen tersebut dapat menimbulkan asma serta gejala sesak napas. Selain itu, keberadaan tungau juga mengakibatkan batuk, nyeri dada, dan menurunkan imunitas tubuh.

Pada masa pandemi Covid-19 Anda dituntut untuk meningkatkan dan menjaga imunitas tubuh. Oleh karena itu, penting sekali untuk selalu menjaga kebersihan soft furniture yang ada di rumah.

Cara Membersihkan Soft Furniture

Soft furniture menjadi properti rumah yang nilainya lumayan tinggi. Oleh karena itu, Anda harus membersihkan soft furniture secara aman. Berikut beberapa cara yang aman dan ampuh untuk membersihkan soft furniture:

  • Menyingkirkan Debu dan Kotoran

Hal pertama yang harus Anda lakukan ialah membersihkan kotoran dan debu pada permukaan soft furniture. Anda dapat menggunakan kemoceng, kain lap, dan lain-lain.

  • Membersihkan Bercak Kotoran

Bersihkan bercak kotoran yang membandel dengan menggunakan kain microfiber atau tisu basah yang telah diberi cuka.

  • Membersihkan Dengan Deterjen

Langkah selanjutnya ialah membersihkan seluruh bagian soft furniture dengan menggunakan deterjen. Gunakanlah kain microfiber yang telah diberi larutan deterjen.

  • Keringkan

Langkah terakhir ialah mengeringkan soft furniture secara alami atau dengan pengering rambut. Jangan menggunakan soft furniture apabila keadaannya belum kering.

Meskipun melakukan semua kegiatan di rumah saja, namun Anda tetap harus menjaga kebersihan. Rumah yang bersih akan lebih nyaman dan aman untuk dihuni. Jangan sampai Anda terhindar dari virus Corona tetapi malah terkena penyakit lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *