Dampak Buruk Tembok Rumah Berjamur bagi Kesehatan

Dampak Buruk Tembok Rumah Berjamur bagi Kesehatan

Apakah tembok rumah anda berjamur? Masalah ini sebenarnya cukup umum dimiliki oleh banyak orang, terutama saat musim hujan. Penyebab utamanya adalah tingkat kelembaban rumah yang tinggi dan kurangnya sirkulasi udara. Meski merupakan masalah yang cukup umum, namun tembok berjamur harus segera diatasi agar tidak menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan.

Dampak Negatif Tembok Rumah Berjamur untuk Kesehatan

Jamur yang tumbuh pada tembok rumah akan menyebarkan spora di dalam ruangan. Spora ini berukuran sangat kecil dan tidak terlihat oleh mata telanjang. Oleh karena itu, spora tersebut dapat dengan mudah terhirup dan menempel pada tubuh. Jika hal ini terjadi, maka beberapa masalah kesehatan akan muncul.

  • Masalah Pernapasan

Jika Anda tidak sengaja menghirup spora jamur terus menerus, maka kemungkinan besar Anda akan mengalami masalah pernapasan. Masalah kesehatan ini biasanya disebabkan oleh terganggunya saluran pernapasan atau organ pernapasan oleh jamur. Contohnya adalah mengi, sinusitis, dan pneumonitis hipersensitif.

  • Iritasi Kulit dan Mata 

Spora jamur yang menempel pada kulit akan menimbulkan iritasi pada orang yang memiliki kulit sensitif. Sehingga, kulit mereka akan mengalami gatal dan ruam kemerahan. Selain itu, spora jamur yang masuk ke mata juga dapat menimbulkan iritasi, misalnya mata merah, berair, dan gatal.

  • Reaksi Alergi

Bagi orang yang memiliki masalah autoimun, spora jamur dapat menimbulkan reaksi alergi. Bentuk reaksi alergi ini bermacam-macam tergantung kondisi setiap orang. Beberapa orang hanya akan mengalami bersin-bersin. 

Namun, pada orang lain, spora ini mengakibatkan kambuhnya asma. Selain itu, tembok yang berjamur juga dapat memicu sakit kepala, mual, dan demam

Cara Mengatasi Tembok Rumah Berjamur

Ada berbagai cara yang dapat Anda tempuh untuk menghilangkan jamur pada tembok.

  1. Membersihkan jamur dengan cuka saat jamur belum menyebar.
  2. Membersihkan jamur dengan cara mengamplas tembok lalu mengaplikasikan klorin pada tembok yang telah diamplas.
  3. Tingkatkan sirkulasi udara dalam ruangan agar ruangan tidak lembab.

Mengingat dampak buruknya terhadap kesehatan, tembok rumah yang berjamur harus segera diatasi. Setelah Anda berhasil menghilangkan jamur pada tembok rumah, jangan lupa untuk mengecat ulang tembok tersebut. Agar jamur tidak kembali, Anda dapat menggunakan cat pelapis anti bocor dalam mengecat tembok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *