Prediksi Biaya-Biaya Tak Terduga Saat Renovasi Rumah

Prediksi Biaya-Biaya Tak Terduga Saat Renovasi Rumah

Sudah menjadi hal yang umum diketahui bahwa budget renovasi rumah biasanya dapat membengkak karena berbagai hal. Namun, hal ini sebetulnya dapat dihindari dengan perencanaan yang matang dan teliti. Melalui perencanaan tersebut, Anda tidak perlu bingung mencari biaya tambahan untuk menyelesaikan renovasi.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Merencanakan Renovasi

Agar rencana anggaran renovasi rumah anda tidak meleset, Anda harus memperhatikan beberapa hal saat merencanakan anggaran.

  1. Ukur area yang akan direnovasi dengan benar agar budget renovasi dapat dirancang sesuai dengan kebutuhan.
  2. Survey harga material yang diperlukan dan naikkan harga tersebut. Sehingga, saat pelaksanaan nanti budget tidak membengkak karena kenaikan harga material di pasaran.
  3. Prediksi biaya tukang.

Prediksi Biaya Renovasi tak Terduga

Selain melakukan beberapa hal di atas, Anda juga harus memprediksi biaya tak terduga saat renovasi rumah.

  • Biaya Sewa Rumah Selama Renovasi

Jika Anda melakukan renovasi dalam skala besar, maka kemungkinan besar Anda tidak dapat tinggal di rumah yang sedang direnovasi tersebut. Oleh karenanya, Anda perlu menyewa rumah selama renovasi berlangsung. Dalam menyewa rumah, Anda harus memilih rumah yang tidak jauh dari rumah anda sendiri dan cukup besar untuk menampung semua perabotan anda.

  • Biaya Perizinan

Ketika melakukan renovasi rumah, Anda harus mengantongi IMB atau izin mendirikan bangunan. Untuk memperoleh izin tersebut, Anda akan dikenai biaya yang disesuaikan dengan luas bangunan rumah anda. Selain itu, Anda harus mempersiapkan dokumen tertentu, misalnya bukti pembayaran PBB dan KTP.

  • Biaya Darurat

Saat merencanakan anggaran renovasi, Anda harus mengalokasikan sebagian uang Anda untuk dana darurat. Dana tersebut sangat berguna jika ada sesuatu yang terlewat dari perencanaan anda.

  • Tagihan Listrik

Selama renovasi berlangsung, tukang yang mengerjakan proyek tersebut biasanya menggunakan peralatan listrik untuk melakukan hal-hal tertentu, misalnya mengebor tembok dan memotong keramik. Peralatan ini biasanya berkekuatan listrik besar sehingga dapat meningkatkan tagihan listrik di rumah anda.

Melalui perencanaan yang baik dan prediksi biaya tak terduga tersebut, renovasi rumah anda pasti akan berjalan lancar dari segi biaya. Sehingga, Anda tidak perlu mengambil tabungan atau bahkan mengajukan kredit untuk menutup biaya renovasi yang membengkak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *