3 Tips Tepat Mengatur Layout Ruang, Mulai Pisahkan Berbagai Kegiatan

3 Tips Tepat Mengatur Layout Ruang, Mulai Pisahkan Berbagai Kegiatan

Menempatkan aksesoris beserta furnitur pada suatu ruangan tidak bisa dilakukan dengan asal-asalan. Dengan menerapkan beberapa trik khusus, maka susunan ruangan jadi lebih rapi dan enak dipandang. Faktor penentu dalam mengatur layout ruang adalah penempatan lampu, furniture, tanaman, serta beberapa furnitur lainnya. 

Inilah 3 Tips Menata Layout Ruangan untuk Memisahkan Aneka Kegiatan

  1. Perhatikan faktor lalu lintas ruangan

Lalu lintas pada sebuah ruangan sangat penting untuk diperhatikan, karena inilah yang akan membuat aktivitas atau pergerakan di ruangan tersebut jadi lebih nyaman. Untuk itu, penempatan aksesoris ruangan harus mempertimbangkan lalu rintas. 

Dengan penempatan yang tepat, maka berbagai aksesoris tersebut tidak mengganggu aktivitas di ruangan tersebut. Pergerakan dari satu ruangan ke ruangan lainnya pun akan lebih mudah. Jika lalu lintas membuat pergerakan jadi tidak leluasa, tentu bisa menghambat aktivitas dan menurunkan kenyamanan di ruangan tersebut.

  1. Pisahkan aneka jenis kegiatan

Pada ruangan yang ukurannya besar, biasanya digunakan untuk melakukan beberapa kegiatan sekaligus. Contoh sederhananya adalah pada ruang keluarga yang memiliki ukuran besar. Ruang keluarga bisa dimanfaatkan untuk aktivitas menonton TV dengan menambahkan sofa serta rak TV.

Kegiatan menelepon juga bisa dilakukan di ruang ini dengan memberikan tambahan meja telepon. Ruang keluarga bisa juga digunakan untuk aktivitas membaca yang membutuhkan tambahan furniture berupa kursi kecil dan rak buku. Nah, berbagai kegiatan tersebut dapat dipisahkan meskipun berada dalam satu ruangan. 

Namun, pemisahan yang dimaksud bukan berarti harus mempersempit ruangan. Caranya bisa dilakukan dengan menggunakan karpet yang ada di bawah meja tempat nonton TV. Dengan begitu, maka terbentuk ruangan dengan arena menonton televisi dipisahkan dengan area menelepon. 

  1. Pastikan proporsi tepat

Porposi juga faktor yang sangat penting dalam mengatur layout suatu ruangan. Tanpa menggunakan porposi yang tepat, maka penataan ruangan jadi terlihat tidak imbang. Contohnya adalah jika pada ruangan tersebut ada dua benda yang ukurannya cukup besar, maka jangan dipusatkan hanya pada satu tempat saja. Ini akan membuat titik tersebut tampak berat.

Selain itu, jangan lupa untuk memperhatikan keseimbangan atau porposi benda yang letaknya bersebelahan atau pun berseberangan. Jika ada kursi tambahan berukuran kecil, maka lebih pas jika diletakkan di sebelah standing lamp atau meja ukuran kecil dibandingkan meletakannya di samping sofa berukuran besar. 

Trik sederhana di atas memang akan sangat mempengaruhi bagaimana kenyamanan sebuah ruangan. Dengan menerapkan tips mengatur layout tersebut, maka ruangan akan terlihat lebih porposional dan nyaman digunakan meskipun digunakan untuk melakukan beberapa kegiatan sekaligus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *