Serba-Serbi Furnitur Kayu, Cara Merawat hingga Mengilapkan

Serba-Serbi Furnitur Kayu, Cara Merawat hingga Mengilapkan

Sampai saat ini, furnitur kayu masih menjadi jenis furnitur yang paling banyak diminati oleh masyarakat. Dengan menggunakan furnitur kayu, maka nuansa ruangan akan jadi semakin hangat. Furnitur kayu sendiri membutuhkan perawatan khusus agar tetap awet dan kualitasnya terjaga. Perilaku Anda sehari-hari, akan sangat mempengaruhi keawetan dari furnitur kayu di rumah.

Furnitur kayu banyak dipilih karena sifatnya yang dianggap tahan lama. Namun, ada beberapa cara khusus agar furnitur kayu bisa awet hingga jangka waktu lama. Untuk itulah, dibutuhkan kiat-kiat merawat furnitur kayu untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan. Lalu, bagaimana caranya?

Inilah Cara Merawat Furnitur Kayu

  1. Simpan di tempat kering bersuhu normal

Pada suhu yang panas, furnitur kayu bisa menyusut. Ini bisa menyebabkan terjadinya keretakan pada lapisan furnitur kayu tersebut. Oleh karena itu, hindari paparan sinar matahari langsung pada furnitur kayu. Selain itu, jauhkan furnitur dari kondisi udara yang lembap. Ini bisa menyebabkan munculnya jamur yang merusak kayu furnitur.

  1. Tambahkan alas kaki furnitur

Hampir semua furnitur pasti punya bobot yang cukup berat. Tentu saja, ini karena terbuat dari bahan kayu yang cukup keras. Untuk menahan berat furnitur kayu, gunakan kain untuk diletakkan pada kaki furnitur. Sehingga, setiap furnitur digeser tidak menyisakan bekas di lantai. Jangan menggunakan alas dari vinyl atau plastik karena bisa memudarkan warna pelapis furnitur.

  1. Bersihkan debu

Debu yang menumpuk pada furnitur pastinya akan mengganggu penampilan sekaligus bisa menurunkan kualitasnya. Maka dari itu, debu pada furnitur harus dibersihkan secara teratur. Gunakan kain yang teksturnya lembut supaya tidak  meenyebabkan goresan. Basahi juga kain lembut tersebut dengan air supaya lebih mudah untuk mengangkat debu pada furnitur.

  1. Mengilapkan furnitur

Merawat furnitur juga bisa dilakukan dengan menjaga agar furnitur tetap mengilap. Cara mengilapkan furnitur cukup sederhana, yaitu bisa menggunakan perasan jeruk serta minyak goreng saja. Campurkan sebanyak 2 sendok minyak goreng, lalu berikan air perasan jeruk ke segelas air. Gosok furnitur kayu dengan cairan tersebut menggunakan kain yang lembut.

Merawat furnitur kayu memang penting sekali untuk dilakukan. Dengan perawatan sederhana, furnitur kayu bisa lebih awet dan pastinya akan tahan lama. Maka dari itu, jangan malas untuk membersihkan furnitur kayu agar semakin awet dan mengilap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *