Tips Ampuh Buat Angin Mengalir di Rumah, Tentukan Arah Datangnya Angin

Tips Ampuh Buat Angin Mengalir di Rumah, Tentukan Arah Datangnya Angin

Banyak orang mengeluh jika hawa di rumahnya cukup bikin gerah dan tidak nyaman. Padahal, angin di luar cukup sejuk atau kencang. Ternyata, masalahnya adalah karena angin tersebut tidak masuk dan mampir ke dalam rumah. Sehingga, hawa di rumah tetap panas atau gerah. 

Membuat angin masuk ke dalam rumah tidak hanya dilakukan dengan membuat jendela dengan ukuran yang lebar atau besar. Masih banyak cara dan trik lainnya yang bisa dilakukan agar udara di dalam rumah lebih segar karena mendapatkan banyak asupan angin.

Aneka Cara Supaya Angin Bisa Masuk ke dalam Rumah

  1. Membuka diri ke arah kedatangan angin

Cara mudah aggar angin dari luar bisa mengalir ke dalam rumah adalah dengan membuat bukaan yang searah dengan kedatangan angin. Artinya, apabila angin berasal dari arah barat menuju ke arah timur, maka buatlah bukaan di bagian barat. Sementara bukaan di sisi lainnya tidak dapat memasukkan angin ke rumah. 

  1. Membuat penghalang di sekitar rumah

Cara selanjutnya yang bisa membantu memasukkan angin ke dalam rumah adalah dengan sengaja membuat penghalang-penghalang di sekitaran rumah. Pembuatan penghalang bertujuan untuk membelokkan angin, sehingga angin bisa masuk ke dalam rumah dengan mudah. 

Jenis penghalang yang cocok untuk rumah adalah tanaman. Selain berfungsi sebagai pembelok angin, daun-daun tanaman juga akan mengurangi suhu panas yang dibawa oleh angin tersebut. Keberadaan tanaman di sekitar rumah juga bisa membuat rumah terlihat lebih sejuk dan nyaman.

  1. Memilih jenis tanaman

Meskipun tanaman memang menjadi pilihan tepat untuk membelokkan angin ke dalam rumah, namun tidak semua tanaman dapat digunakan untuk mencapai tujuan tersebut. Jenis tanaman yang paling cocok adalah pohon yang daunnya cukup lebat. Paling tidak tingginya harus sejajar jendela atau sekitar 90 – 180 cm untuk jendela yang berada di lantai 1.

Untuk tanaman yang rendah atau kurang dari 90 cm seperti semak-semak, maka angin tidak akan terblokir. Sementara jika menggunakan pohon yang daunnya cukup jarang, maka pohon tersebut tidak bisa berfungsi maksimal karena angin bisa lolos dari sela-sela daun. 

  1. Menentukan arah kedatangan angin

Penempatan tanaman juga harus tepat, jangan sampai menghalau aliran angin ke dalam rumah. Untuk itu, harus diketahui arah angin yang sebenarnya. Caranya adalah dengan menggunakan kain atau pita yang diikat pada batang lidi. Kemudian, angkat lidi tersebut tinggi-tinggi. Perhatikan ke mana arah angin tersebut. Apabila kain tersebut bergerak ke arah utara, maka arah angin adalah bergerak dari selatan ke utara.

Cara memasukkan angin ke dalam rumah cukup mudah dilakukan jika mengetahui bagaimana tekniknya. Perhatikan arah angin dengan benar, sehingga tidak salah dalam membuat penghalang atau saat menanam pohon. Dengan cara ini, maka suhu di rumah bisa lebih sejuk dan adem.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *