Sebelum Batu Paras Dipasang, Rendam Batu di Dalam Air, Ini Alasannya

Sebelum Batu Paras Dipasang, Rendam Batu di Dalam Air, Ini Alasannya

Sebelum Batu Paras Dipasang, Rendam Batu di Dalam Air, Ini Alasannya

Salah satu jenis batuan alam yang biasa digunakan sebagai material untuk pemanis bagian depan rumah adalah batu paras. Jenis batuan yang tergolong batu pasir. Batu paras sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu batu paras Yogya yang asalnya dari Yogyakarta dan batu paras Taro yang asalnya dari Bali. Batu paras yang tersedia di pasaran memiliki ukuran yang bervariasi. 

Ada batu paras yang berukuran 30 x 60 cm, 20 x 20 cm, 10 x 20 cm, hingga ukuran terkecil 10 x 10 cm. Biasanya, batu paras dipasang dengan pola vertikal, diagonal, maupun horizontal. Jika ingin terlihat lebih menarik, pemasangan batu paras bisa mengkombinasikan pola tersebut. Sebelum batu paras dipasang, harus direndam terlebih dahulu dalam air. Lalu, apa alasannya?

Inilah Alasan Kenapa Batu Paras Harus Direndam Dahulu Sebelum Dipasang

  1. Menjaga Batu Tetap Lembap

Cara memasang batu paras memang harus diawali dengan merendamnya terlebih dahulu di dalam air. Salah satu fungsinya adalah untuk menjaga batu paras supaya tetap lembap. Hal ini mengingat bahwa batu alam ini memiliki pori-pori dengan ukuran cukup besar. 

  1. Memadatkan Pori-Pori

Batu alam seperti batu paras memiliki pori-pori yang cukup besar. Merendamnya dalam air akan membuat pori-pori batu paras lebih padat. Jika langsung ditempel tanpa direndam terlebih dahulu, maka akan menyebabkan batu paras jadi mudah terlepas karena tidak menempel secara sempurna.

  1. Menempel dengan Sempurna

Apabila kondisi batu paras yang terlalu kering, maka akan menyebabkan air lebih cepat terserap ke adukan semen saat diaplikasikan. Hal ini bisa menyebabkan batu paras tidak menempel sempurna. Untuk itulah, batu paras harus direndam atau dibasahi terlebih dahulu. Sehingga, nantinya bisa menempel sempurna saat diaplikasikan pada dinding rumah.

Pemasangan batu paras memang membutuhkan teknik khusus agar bisa menempel dengan sempurna pada dinding rumah. Selain merendam batu paras, masih ada beberapa teknik lainnya yang perlu diterapkan dalam mengaplikasikan batu paras. Oleh karena itu, pemasangan batu paras harus dilakukan oleh ahlinya agar bisa selesai dengan sempurna.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *