Tips Rumah Sejuk Tanpa AC atau Pendingin Ruangan, Patut Dicoba

Tips Rumah Sejuk Tanpa AC atau Pendingin Ruangan, Patut Dicoba

Tips Rumah Sejuk Tanpa AC atau Pendingin Ruangan, Patut Dicoba!

Saat berada di rumah, seringkali kita merasa bahwa udaranya cukup panas. Hal ini tentu akan membuat aktivitas di rumah jadi kurang nyaman. Memang masalah ini bisa diatasi dengan menggunakan AC. Namun, pemakaian AC secara terus menerus tentu akan boros listrik. Sebagai alternatif, ada beberapa trik supaya rumah jadi lebih sejuk tanpa AC. Lalu, bagaimana caranya?

Inilah Cara Membuat Rumah Lebih Sejuk Tanpa AC

  1. Buka jendela dan pintu

Membuka pintu pada pagi atau sore hari memang akan membuat hawa di rumah terasa lebih sejuk. Namun, hindari membuka ventilasi di rumah ketika hawa di luar sedang panas-panasnya. Ini justru akan membuat hawa di dalam rumah terasa panas juga. Jadi, ada baiknya untuk membuka pintu atau jendela hanya saat udara di luar rumah sedang sejuk.

  1. Gunakan ventilasi silang

Teknik ventilasi silang akan membantu udara sejuk bisa lebih lama berada di dalam rumah. Sehingga, cara ini akan membuat ruangan di dalam rumah lebih adem dan sejuk. Ini bisa terjadi karena ventilasi silang akan membantu sirkulasi udara jadi lebih lancar.

  1. Aplikasikan Tirai pada Jendela

Pada waktu-waktu, sinar matahari akan menerobos jendela. Akibatnya, ruangan terasa lebih panas. Untuk mengatasi hal ini, caranya adalah dengan mengaplikasikan tirai pada jendela yang sering diterobos sinar matahari tersebut. Jika ingin membuka jendela pada siang hari, maka gunakan tirai bambu karena tirai ini bisa menghalau sinar, namun akan tetap membiarkan udara masuk. 

  1. Kurangi pemakaian alat elektronik

Perlu diketahui, bahwa pemakaian alat elektronik yang berlebihan bisa menyebabkan suhu di dalam ruangan meningkat. Ini terutama bisa terjadi jika menggunakan peralatan elektronik yang menghasilkan panas. Untuk itu, sebaiknya gunakan alat elektronik seperlunya saja.

  1. Buat taman di rumah

Tumbuhan hijau adalah obat paling ampuh untuk memberikan suasana sejuk dan adem. Oleh karena itu, setiap rumah hendaknya memiliki taman yang berisi aneka tumbuhan hijau. Keberadaan tumbuhan hijau di sekitar rumah akan membuat nuansa sejuk dan menenangkan.

Terbukti bahwa untuk membuat rumah jadi lebih sejuk tidak hanya bisa dilakukan dengan menggunakan AC saja. Tanpa AC, rumah pun bisa lebih sejuk asalkan mau menerapkan kelima hal di atas. Selain bisa hemat listrik, penggunaan cara-cara alami tentunya akan menghadirkan rasa sejuk yang lebih menyehatkan badan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *