Kreatif dan Efektif dengan Nat, Dukung Fungsi dan Estetika Ruang

Kreatif dan Efektif dengan Nat, Dukung Fungsi dan Estetika Ruang

Nat sendiri merupakan sebuah bidang berupa celah sambungan yang berada di antara keramik. Termasuk ke dalam salah satu bagian penting dari komponen lantai, maka Anda perlu mengetahui bahwa nat tidak dapat diabaikan. Sehingga keramik dan nat mempunyai berperan penting terkait estetika dan fungsi rumah. Apabila nat kuat, maka keramik tidak akan mudah lepas.

Bagaimana Pembuatan Nat yang Kreatif dan Efektif?

  • Pengisian Nat Tidak Sama Dengan Semen

Pengisian nat dengan menggunakan perekat keramik atau semen banyak disamakan oleh banyak orang. Hal itu dikarenakan orang-orang hanya menginginkan praktisnya saja. Padahal, kedua bahan tersebut mempunyai kandungan yang berbeda. Pada umumnya, pada saat semen mengering akan bertekstur getas dan keras. Sehingga retak dikarenakan pemuaian lebih mudah terjadi.

Semen hanya tersedia dua warna di pasaran, yaitu putih dan abu-abu-abu. Sedangkan pengisian nat mempunyai pilihan warna yang banyak. Tidak hanya itu saja, pengisi nat pada umumnya juga tidak mudah mengalami retak dan kotor, lebih fleksibel, tidak gampang kotor, serta mempunyai kandungan anti jamur.

  • Kreatif dan Efektif Menggunakan Nat

Selain berfungsi untuk menyatukan keramik, nat pun dapat mempercantik ruangan rumah. Anda dapat memanfaatkannya untuk memperoleh efek pola lantai yang lebih banyak macamnya, dengan cara mengkreasikan lebarnya nat. Memakai warna-warna tertentu pada nat juga dapat membuat lantai terlihat lebih menarik daripada sebelumnya.

  • Nat Kecil Hanya Untuk Penggunaan pada Lantai Homogeneous Tile

Cara ini bisa Anda lakukan dengan memilih nat yang lebar dengan warna hitam, kemudian memilih keramik berwarna putih dengan desain yang simpel. Ruangan Anda akan tampak lebih hidup karena adanya kombinasi kontras tersebut.

  • Memperkuat Nat Menggunakan Bonding Agent

Nat pada bak mandi atau kolam renang yang akan terendam air, sebaiknya ketika proses pengisian nat diperlukan tambahan bonding agent pada adonan nat. Hal itu untuk memperkuat nat secara ganda, karena fungsi kedap air ditambahkan dan membuat lantainya menjadi lebih awet.

Estetika ruangan rumah Anda bisa dipengaruhi oleh nat yang rusak. Untuk menghindari hal tersebut, Anda perlu mempunyai kualitas nat yang maksimal. Misalnya ketika membuat adonan nat, Anda harus menyesuaikannya dengan takaran yang pas dan tepat. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *